ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tanpa disadari, gejala stres bisa memengaruhi kesehatanmu! Dampaknya bisa terasa pada tubuh, pikiran, dan perilaku, seperti sakit kepala, insomnia, atau menurunnya produktivitas hingga ke masalah penyakit, seperti tekanan darah tinggi, jantung, dan lain sebagainya. Kenali gejalanya agar kamu bisa menghadapinya. Jangan biarkan stres berkembang menjadi penyakit. [1]


1. Berdampak pada kehidupan sehari-hari

Bermula dari pikiran, stres bisa merusak mood kamu dan mengarah pada perilaku dan kondisi tubuh yang tidak sehat. 

2. Berujung ke berbagai penyakit

a. Jantung

Stres bisa meningkatkan detak jantung dan aliran darah, yang kemudian memicu kolestrol dan trigliserida. 

b.Obesitas

Lemak berlebih di perut memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan kaki atau pinggul. 

c. Diabetes

Kalau sedang stres bikin ngidam makanan manis? Ada kecenderungan orang-orang untuk melampiaskan stres dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat. 

d. Depresi

Stres yang berkelanjutan berhubungan erat dengan depresi. Studi membuktikan bahwa orang yang stres dengan pekerjaannya, seperti tuntutan yang terlalu banyak dengan reward yang tidak sebanding memiliki risiko mengalami depresi 80 persen lebih besar dalam beberapa tahun dibandingkan dengan mereka dengan stres yang lebih ringan. [6]

e. Gangguan pencernaan

Kalau sedang stres suka merasakan nyeri perut? Sekitar 60 persen penderita sindrom iritasi usus mengalami gangguan psikologis. 

Bagaimana cara menghadapi stres?

Jika kamu mempunyai gejala-gejala stres, mulai explore strategi menghadapi stres dengan cara yang aktif, seperti berolahraga, melatih teknik relaksasi (pernapasan dalam, meditasi, yoga), menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman, meluangkan waktu untuk hobi (membaca buku, merajut, otomotif, atau mendengarkan musik). 

Jika kamu telah mencoba untuk mengontrol stres atau tidak yakin stres adalah penyebabnya, kamu bisa mencoba berkonsultasi ke dokter. 

Khawatir akan kelangsungan hidupmu itu wajar berarti kamu peduli dengan kesehatan dan rencana hidup kamu di masa depan.