ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Buat rencana

Untuk mengurangi bahan makanan yang terbuang sia-sia, kamu bisa membuat rencana masak satu bulan. Kalau terlalu berat, kamu bisa sisihkan waktu 10-20 menit untuk planning makanan satu minggu ke depan.

 

2. Penuhi kebutuhan gizi

Agar menu sahur dan berbuka selalu memenuhi kebutuhan gizimu, buatlah daftar makanan berdasarkan nutrisinya. Misalkan, untuk karbohidrat, tuliskan nasi putih, nasi merah, kentang, oatmeal, atau roti gandum dalam catatanmu.

Lalu, untuk protein, cantumkan ayam, sapi, tempe, tahu, udang, ikan, atau telur. Kemudian, variasikan menu agar gizimu dan keluarga terpenuhi.

 

3. Cek bahan makanan

Sebelum membeli yang baru, cek dulu kulkas dan rak bahan makananmu, ya. Buatlah meal plan dengan bahan yang ada terlebih dulu.

 

4. Catat resep favorit

“Hari ini masak apa, ya?” Nah, agar pertanyaan ini tak lagi mengganggu pikiran, buatlah catatan makanan kesukaan kamu dan keluarga di gadget. Jadi, kamu tak perlu bingung lagi, deh mau masak atau belanja apa.

 

5. Masak menu berkuah untuk sahur

Untuk menu yang simpel di pagi hari, kamu bisa pilih kuah, seperti sup ayam, sup sayur, atau sup telur.

Selain itu, buah yang tinggi kandungan air, seperti semangka, melon, atau pepaya juga cocok untuk memenuhi asupan cairanmu sebelum mulai berpuasa.

 

6. Mencoba batch cooking

Untuk kamu yang tak mau repot masak tiap hari, kamu cukup siapkan makanan dalam porsi besar untuk disimpan dan dimakan selama beberapa hari ke depan.

Menu-menu yang bisa kamu coba buat dan simpan di lemari es atau freezer, antara lain ayam goreng, ayam bakar, atau rendang.

 

7. Siapkan bahan

Agar persiapan sahur dan berbuka lebih singkat, kamu bisa membersihkan, memotong, mengupas, dan menyimpan bahan-bahan makanan dalam wadah tertutup. Lalu, masukkan ke dalam kulkas atau freezer.

 

Langkah-langkah ini bisa mempermudah proses masakmu selama bulan Ramadan. Selain lebih sehat, kamu juga bisa berhemat, lho!

 

Nah, untuk kamu yang ingin jaga kesehatan hingga hari depan, kamu bisa melindungi diri dan keluarga dari risiko sakit dan biayanya yang mahal dengan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!