Kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan pekerja adalah hal yang vital untuk produktivitas dan keberlangsungan perusahaan, komunitas, dan ekonomi.[1] Suasana kerja yang sehat dibutuhkan agar pekerja dapat memiliki hidup yang berkualitas, baik di rumah dan di kantor.[2] Simak enam cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat di artikel ini.
1. Membangun kepercayaan
Menurut 90% pekerja, kepercayaan dan keadilan merupakan atribut penting di tempat kerja.
2. Komunikasi
Selama bekerja dari rumah (WFH), komunikasi dapat ditingkatkan dengan menanyakan hal yang mudah terlebih dulu, menggunakan empati, dan tidak berasumsi.
3. Berolahraga dan bersenang-senang bersama
Luangkan waktu untuk berolahraga atau bermain games bersama teman kantor dengan menggunakan video call.
4. Mendukung kesehatan
Budaya perusahaan yang sehat akan memudahkan karyawannya untuk memiliki waktu, perlengkapan, dan sumber daya untuk hidup sehat.
5. Memberikan reward
Penelitian menunjukkan, hanya 24% karyawan puas dengan pengakuan yang mereka terima di kantor.
6. Menawarkan fleksibilitas
Survei oleh Cisco Systems Inc menunjukkan, 83% karyawan yang bekerja dari jauh mampu berkolaborasi sama baiknya atau bahkan lebih baik dibandingkan dengan di kantor.
Peningkatan kualitas hidup dimulai dari mengatur work-life balance, serta memiliki perlindungan FWD SPrInt Link Plus, produk asuransi jiwa sekaligus investasi yang dirancang khusus untuk mempersiapkan dana kesehatan dan dana darurat keluarga.
Sumber:
[1]
https://www.who.int/occupational_health/publications/healthy_workplaces_model_action.pdf
[2]
https://hr.ucdavis.edu/departments/worklife-wellness/managers/wbeing-toolkit/environs
[3]
https://www.forbes.com/sites/johnrampton/2015/02/18/8-expert-tips-to-having-a-healthy-company-environment
[4]
https://www.forbes.com/sites/johnrampton/2015/02/18/8-expert-tips-to-having-a-healthy-company-environment
[5] https://www.ciphr.com/advice/8-easy-ways-to-create-and-maintain-a-healthy-workplace/
[6]
https://www.forbes.com/sites/johnrampton/2015/02/18/8-expert-tips-to-having-a-healthy-company-environment/#24eaaf3d4dd7
[7]
https://hr.ucdavis.edu/departments/worklife-wellness/managers/wbeing-toolkit/environs
[8]
https://www.forbes.com/sites/johnrampton/2015/02/18/8-expert-tips-to-having-a-healthy-company-environment/#24eaaf3d4dd7
[9]
https://www.forbes.com/sites/johnrampton/2015/02/18/8-expert-tips-to-having-a-healthy-company-environment/#24eaaf3d4dd7
[10] https://www.forbes.com/sites/johnrampton/2015/02/18/8-expert-tips-to-having-a-healthy-company-environment/#24eaaf3d4dd7