ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Tentukan jadwal rutin keluarga

Bertemu di rumah saja tidak cukup. Kamu perlu menentukan jadwal rutin bersama, misalkan pesan makan enak setiap weekend, atau sepedaan bersama setiap pagi. 

 

2. Fokus pada kebutuhan anggota keluarga

Sebelum terlalu fokus pada quality time, kamu perlu mengetahui apa yang anggota keluarga sukai, misalkan musik kesukaan mereka atau hal yang sedang mereka sukai.

Dari kesukaan mereka, kita bisa membangun percakapan dan menunjukkan ketertarikan akan hal yang menarik bagi mereka.

 

3. Makan bersama

Walau terdengar simpel, makan bersama keluarga ternyata memiliki dampak positif bagi anak, seperti nilai yang meningkat, kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan rendahnya kemungkinan kecanduan narkoba.

Selain itu, makan bersama secara rutin erat kaitannya dengan pola makan yang sehat dan hubungan keluarga yang meningkat!

 

4. Hindari handphone

Ketika bersama keluarga, handphone dapat menjadi pengganggu utama. Upayakan untuk meminimalkan atau tidak menggunakan handphone saat sedang bersama keluarga. 

 

5. Membagi tugas rumah

Tidak adil, jika tugas rumah hanya dikerjakan satu anggota keluarga. Bagilah tugas-tugas di rumah, seperti mencuci piring, menyapu, mengepel, mencuci baju, atau berbelanja dengan seluruh anggota keluarga.

Melalui pembagian tugas, pekerjaan rumah terasa lebih ringan dan cepat selesai. Lewat cara ini, keluarga bisa belajar mengenai tanggung jawab dan dapat menikmati waktu lebih untuk dihabiskan bersama.

 

6. Beri dukungan pada keluarga

Jika anggota keluarga ingin memulai sesuatu atau berpartisipasi dalam suatu kegiatan, keluarga bisa memberikan dukungan. Dengan saling mendukung, keluarga dapat menjadi support system yang selalu bisa diandalkan! 

Keluarga adalah fondasi utama, tempat kita bersandar. Melalui quality time bersama keluarga, kita bisa semakin dekat dan lebih menghargai momen-momen bersama.

 

Karena keluarga nomor satu, kita ingin mereka selalu terlindungi tidak hanya hari ini, tetapi juga di masa depan. Kamu bisa jaga masa depan keluarga dengan Bebas Optimal, produk asuransi jiwa yang menyediakan perlindungan jangka panjang dan investasi yang optimal. 100% premi kamu akan diinvestasikan sejak tahun pertama. Cari tahu lebih lanjut di https://www.fwd.co.id/id/invest/bebas-optimal/



Sumber:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7606874/ 

https://www.verywellfamily.com/finding-quality-family-time-616982

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=all-family-time-is-quality-time-1-1808

https://www.usatoday.com/story/opinion/2020/10/24/amid-covid-19-slow-down-families-find-time-deepen-relationships-column/3740740001/

https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-ways-of-spending-time-with-family/

https://www.verywellfamily.com/finding-quality-family-time-616982

https://www.verywellfamily.com/finding-quality-family-time-616982