ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Buat budgeting saat awal bulan

 


dvi.wa.gov

 

Awal bulan adalah saat dimana uang bulanan masih fresh karena baru didapat. Karena itulah, awal bulan adalah momen yang sangat pas untuk membuat budgeting, alias rancangan anggaran yang akan kamu jalani untuk satu bulan ke depan. Kamu bisa meniru metode amplop, dimana kamu memisahkan uangmu berdasarkan kategori seperti uang makan, uang kuliah, atau uang hiburan ke dalam amplop yang berbeda. Cara ini mendapat testimoni bagus dari banyak orang, jadi tidak ada salahnya kamu mencoba. Membuat rancangan anggaran di awal bulan juga menghindarkan kamu dari kebocoran dana, yang mungkin akan menyusahkanmu di akhir bulan. Lebih baik mencegah daripada susah sendiri kan?

 

Tingkatkan skill dengan memasak

 

yesmagazine

 

Cara jitu supaya menghindari jajan di luar rumah adalah dengan membawa makanan sendiri dari rumah. Bagi mahasiswa perantauan, memasak adalah pilihan tepat untuk mengirit pengeluaran uang makan yang efektif. Selain irit, kamu juga bisa belajar skill baru yakni memasak. Kamu juga bisa belajar skill menawar lewat transaksi yang kamu lakukan saat belanja bahan makanan. Kreativitas juga akan terasah seiring munculnya ide-ide masakan yang belum pernah dicoba sebelumnya. Eksperimen mungkin akan berakhir gagal, tapi kalau tidak mencobanya, kamu tidak akan pernah tahu kan?

 

Jangan takut berkata tidak

 

 

assets.rbl.ms

 

Hal klasik yang menghantui sampai-sampai keuangan bisa terancam adalah tidak berani berkata tidak. Diajak pergi? Iya. Diajak makan di luar? Oke. Diajak nonton konser? Berangkat. Sah sah aja sih kalau rentang waktu antara satu dan yang lainnya jauh, dan kamunya punya uang berlebih. Nah kalau enggak gimana? Bisa tekor dong kamunya. Kuncinya adalah mencoba berani berkata tidak jika memang diperlukan. Ini mungkin hal yang terbilang susah susah gampang, tapi kamu akan terbiasa kok nantinya. Jadi, dicoba dulu ya.

 

Manfaatkan fasilitas yang ada

 

thebalance.com

 

Buku kuliah mahal? Kamu bisa mencari pinjaman buku teman atau senior, untuk  selanjutnya kamu fotocopy. Bisa juga meminjam buku di perpustakaan jika memang tersedia, atau memanfaatkan teknologi dengan mencari ebook atau buku elektronik sesuai dengan judul buku kuliahmu. Selain masalah buku kuliah, kamu bisa memanfaatkan fasilitas wifi kampus untuk mengerjakan tugas yang butuh internet supaya hemat ongkos kuota. Fasilitas lain yang bisa kamu manfaatkan adalah kartu mahasiswa. Beberapa tempat biasanya menawarkan diskon menarik untuk mahasiswa. Menang banyak kan?

 

Kerja paruh waktu saat liburan

  

unigocms.blob.core.windows.net

 

Mungkin sulit untuk melewatkan jalan-jalan dengan teman-teman, tapi pertimbangkan imbalan jangka panjang ketika memutuskan untuk bekerja atau bepergian selama liburan tiba. Selain menambah tabungan, kamu juga bisa mendapat pengalaman berharga dari hasil kerja paruh waktu yang kamu lakukan. Siapa tahu pengalaman itu juga bisa kamu bubuhkan dalam Resume milikmu sehingga makin berisi dan berkualitas untuk bekal setelah lulus nanti.

 

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengelola keuangan bagi kamu yang mahasiswa. Yuk terapkan mulai sekarang!