ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Pilih Strategi yang Tepat


©policygenius

Salah satu metode pelunasan hutang yang bisa dipilih adalah metode bola salju. Fokus untuk melunasi pinjaman terkecil terlebih dahulu, lanjutkan hingga hutang yang terbesar. Lakukan pembayaran yang lebih besar pada hutang terkecil sampai lunas, sedangkan untuk lainnya cukup lakukan pembayaran minimum. Berhasil melunasi hutang yang lebih kecil akan memberimu dorongan psikologis untuk konsisten melakukannya.

Strategi lain adalah fokus pada utang dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu. Walau sebenarnya cocok untuk membayar hutang jangka panjang, cara ini akan menghemat lebih banyak uang.

 

Diet Pengeluaran


©pixabay

Sama seperti diet makanan ekstrem, mengurangi pengeluaran mungkin sulit dipertahankan untuk waktu yang lama. Tapi tidak ada salahnya menjajalnya untuk memberikan ekstra uang untuk membayar hutang.

Analisis bujet dan kebiasaan belanja, lalu cari setiap peluang untuk memangkas pengeluaran. Mulai dari memasak semua makanan di rumah ketimbang makan di luar, menonton Netflix daripada pergi ke bioskop atau naik transportasi umum untuk memangkas uang bensin. Semua uang yang tersimpan harus digunakan untuk membayar hutang.

 

Berhenti Menggunakan Kartu Kredit


©pexels

Jika sedang mencoba melunasi hutang kartu kredit, masuk akal untuk berhenti menggunakannya untuk sementara. Tapi hindari melakukan terlalu banyak pembelian pada kartu kredit lain yang dimiliki jika tak ingin berakhir dengan beban kartu kredit yang berbeda. Ingat, cara terbaik untuk menggunakan kartu kredit adalah dengan hanya melakukan pembelian yang mampu melunasinya setiap bulan.

 

Temukan Penghasilan Tambahan


©pexels

Temukan sumber penghasilan tambahan yang dapat membantumu menghasilkan uang tunai untuk pembayaran utang. Ada banyak cara untuk mencari pekerjaan sampingan, mulai dari memberi les privat, menjual kue atau masakan, hingga menjadi supir transportasi online. Semua penghasilan tambahan yang didapatkan harus langsung digunakan untuk melunasi hutang.

 

Lakukan Pembayaran Segera

               

©unsplash

Menyimpan uang dalam jangka waktu lama untuk pembayaran satu kali justru meningkatkan risiko untuk membelanjakannya di tempat lain. Sebagai gantinya, lakukan pembayaran segera setelah uang ada di tangan.

Ingin bekerja keras dan menghapus hutang sebelum lebaran? Selamat mencoba beberapa tips di atas, ya!