ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Dikenal sebagai Instapoet




¬©instagram.com/rupikaur_  

 

Tulisan perempuan kelahiran Punjab, India, ini sangat akrab dengan kehidupan perempuan sehari-hari. Mulai dari kisah cinta, patah hati hingga melawan kekerasan, pelecehan dan feminitas. Selain itu Kaur juga terinspirasi dari kitab-kitab suci Sikhisme dan tulisan-tulisan Anais Nin serta Virginia Woolf.

 

Kaur memulai karir berpuisinya secara online, melalui Tumblr dan Instagram. Di tahun 2014 Kaur #BeraniBeda dari penyair-penyair kebanyakan. Ia mempublikasikan puisi dan prosanya dengan memberikan sentuhan artistik berupa ilustrasi sederhana dan mengunggahnya ke Instagram. Ciri khasnya adalah adanya ilustrasi sederhana, semuanya ditulis dalam huruf kecil dan tidak memberi tanda baca kecuali tanda titik. Hal ini merupakan bagian dari budaya Gurmukhi yang dianutnya, yang mengenal hanya satu model huruf dengan titik sebagai tanda bacanya.

 

 

Menjadi buku terlaris New York Times selama 25 minggu berturut-turut

 


© Dubeat

 

Setelah 'laga'nya di dunia online, pada tahun 2015 akhirnya Kaur menerbitkan buku antologi yang berjudul MILK AND HONEY. Buku dengan sampul berwarna hitam bergambar dua lebah ini berisi koleksi puisi, prosa dan ilustrasi tangan buatan Kaur sendiri. Sebetulnya, Kau telah menerbitkan sendiri buku puisi di Amazon tahun 2014, tetapi buku MILK AND HONEY ini begitu fenomenal sehingga dilirik oleh penerbit besar, Andrews McMeel Publishing untuk edisi keduanya. Antologi ini pun melesat jauh hingga membuatnya masuk ke daftar buku terlaris New York Times selama 25 minggu berturut-turut. Di tahun 2016 kembali Kaur mencetak prestasi dengan terjualnya lebih dari setengah juta eksemplar.

 

 

Buku kedua yang dinanti-nanti


©instagram.com/rupikaur_

 

Begitu besarnya dampak karya Rupi Kaur bagi dunia, terutama bagi perempuan, sehingga karya-karyanya selalu dinanti. Terbukti, bulan Oktober 2017 yang lalu Kaur meluncurkan buku keduanya berjudul THE SUN AND HER FLOWERS. Lagi-lagi karyanya berhasil memikat hati pembacanya dan menorehkan prestasi sebagai The Sunday Times Number One Bestseller dan pemenang The GoodReads Choice Award for Poetry tahun 2017.

 

Tulisan-tulisan Kaur, selain berani berbeda dari yang lain, juga mendorong pembacanya untuk merayakan segala momen dalam kehidupannya. It's a celebration of love in all its forms. Sudahkah kamu membaca karya-karya Rupi Kaur?