ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tapi Indonesia bukan cuma Pulau Bali. Sebagai negara kepulauan, ada banyak lokasi-lokasi romantis nan indah yang mungkin belum kamu ketahui keberadaannya. Buat yang pengen merencanakan jalan-jalan istimewa untuk liburan Valentine yang berkualitas, ajak pasangan untuk mengunjungi lima destinasi di bawah ini yang pesonanya nggak kalah romantic dengan Bali.


Pulau Alor


©indonesia.travel

Pulau Alor berada di kawasan paling timur dari gugusan kepulauan Nusa Tenggara. Saking ‘timurnya,’ bahkan Alor adalah tapal batas terakhir Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.

Lokasi memang lumayan jauh dari ibukota, tapi keindahan Pulau Alor ini bikin ketagihan untuk dinikmati. Paling menonjol adalah wisata bahari dengan banyak pantai dan titik-titik diving yang berserak di Pulau Alor. Beberapa yang populer dan mendunia adalah Baruna’s Point, Cave Point, Barrell Sponge Wall, Eagle Ray Point, dan masih banyak lagi lainnya.

Tapi Alor nggak hanya punya wisata laut saja. Di daratan kamu tetap bisa menemukan keindahan, seperti Kampung Takpala yang dihuni Suku Abui, trekking di Gunung Delaki Sirung di Pulau Pantar, atau menenangkan diri sambil berendam di Desa Air Panas. Sebagai bonusnya, keindahan sunset di Pulau Alor juga akan melengkapi romantisme kamu dan dia.

 

Pulau Moyo


©halomitrekker

Nggak ada yang bisa membantah keindahan Pulau Moyo. Bahkan sebelum banyak traveller Indonesia tahu keberadaannya, mendiang Putri Diana sudah pernah menginjakkan kaki di kepingan kahyangan yang jatuh ke bumi tersebut.

Bicara soal Pulau Moyo berarti harus siap kagum dengan keindahan pantai yang dihiasi laut biru jernih dan pasir putih. Tapi ada satu lagi keunggulan Pulau Moyo yang sangat disukai wisatawan, baik lokal mau pun mancanegara, yaitu kedamaian di pulau ini yang mungkin sulit ditemukain di tempat-tempat wisata lain di Indonesia.

Beberapa agenda jalan-jalan romantis yang wajib kamu persiapkan bareng pasangan adalah ke Pantai Tanjung Pasir, Air Terjun Mata Jitu, Takat Sagele, hingga menemukan keindahan tersembunyi di Pantai Poto Jarum.

 

Takabonerate


©mongabay

Takabonerate merupakan sebuah Taman Nasional yang terletak di Laut Flores di ujung selatan Pulau Sulawesi. Dilihat dari ketinggian saja sudah bikin takjub karena Takabonerate merupakan atol yang rupawan, melingkar seperti cincin putih yang terdampar di lautan biru. Konon, atol Takabonerate merupakan terbesar ketiga di dunia, lho.

Keindahan yang nggak biasa ini makin komplit dengan pesona-pesona pariwisatanya. Cobalah jalan-jalan berdua bareng pasangan ke Pantai Pulau Tinabo. Sambil menikmati pasir putihnya, kamu juga akan dihibur dengan kemunculan bayi-bayi hiu yang seakan mengintip penasaran dari balik air laut.

Sebagai atol nan indah, pesona Takabonerate nggak hanya di atas pasir lautnya. Kerajaan bawah air pun juga punya pemandangan luar biasa. Diperkirakan ada sekitar 26 titik diving yang mengelilingi atol ini. Salah satu yang paling fenomenal adalah sumur ikan yang berada di Taka Lamungan, di mana ada lubang seperti sumur pada terumbu karang yang berisi ikan-ikan di dalamnya.

 

 

Pantai Ora


©marischkaprudence.blogspot.com

Nggak usah jauh-jauh pergi ke Maldives kalau kamu bisa menemukan keindahan serupa di Pantai Ora. Sebuah pantai yang berada di Pulau Seram, Maluku, yang dilengkapi resor-resor yang saling bergandengan dari ujung pantai hingga ke tengah laut. Pas banget untuk dijadikan tempat honeymoon buat pasangan yang baru menikah.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sekitar resor tersebut. Mulai dari bersantai di pinggir pantai, melihat aktivitas ikan-ikan dan terumbu karang dari atas, atau sekalian menceburkan diri sambil diving. Selain itu kamu juga bisa melakukan island hopping karena di sekitar Pantai Ora terdapat banyak pulau-pulau kecil, seperti Pulau Raja, Pulau Sawai, Pulau Kelelawar, Pulau Tujuh, dan masih banyak lagi lainnya.


Kepulauan Togean



©discoveryourindonesia

Kepulauan Togean merupakan Taman Nasional yang berada di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Sebagai sebuah kepulauan, kamu bisa mengharapkan bakal ketemu dengan pemandangan pantai, matahari tenggelam, dan berbagai keseruan lainnya bareng pasangan sambil berdekatan dengan laut.

Sambil jalan-jalan bareng pasangan, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan batuan koral yang mengelilingi kepulauan dengan 66 pulau kecil di sekelilingnya ini. Selain itu, kamu juga bisa diving romantis bareng pasangan untuk melihat beragamnya kehidupan bawah laut di sekitar Togean ini. Mulai dari penyu hijau, paus pilot, pari manta, hiu karang, hingga ikan kupu-kupu yang memesona.

Kalau lagi pengen jalan-jalan di darat, jelajahi saja Kepulauan Togean yang dikelilingi dengan pepohonan yang rimbun. Sebagai taman nasional, masih banyak hewan-hewan liar yang hidup di kepulauan tersebut, seperti rusa, kuskus, tarsius, ketam kenari, monyet, hingga biawak.

Itulah lima rekomendasi destinasi romantis yang #BeraniBeda dan nggak kalah indah dengan Bali. Ajak pasanganmu untuk merayakan Valentine di sana. Dijamin, tawaranmu bakal disambut dengan senyum bahagianya.