ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tampilan dan Rasa yang Unik


©livelovefruit

Blue Java Banana ini lagi bikin heboh karena rasanya yang mirip dengan es krim vanila. Tekstur dagingnya memang lebih empuk dan creamy dibanding jenis pisang lainnya dan rasanya seperti dibumbui oleh sedikit vanila yang harum.

Bukan hanya rasanya yang bikin banyak orang penasaran, tampilan luarnya pun dijamin bakal menggugah selera. Pisang ini mendapatkan namanya dari kulitnya yang berwarna biru kehijauan saat belum matang. Lambat laun pisang ini akan berubah menjadi kuning pucat dengan daging buahnya berwarna putih.

 

Bukan Asli Indonesia


©oldnaturalcures

Walau menyandang nama ‘Java’, jenis pisang ini bukan asli Indonesia. Blue Java Banana awalnya ditanam oleh para petani di Hawaii sekitar tahun 1920an. Di Hawaii sendiri ada 100 varietas pisang yang kemudian mengalami mutasi secara alami sehingga muncul pisang dengan berbagai rasa dan ciri khas yang unik. Selain dikenal dengan nama Ice Cream Banana di Hawaii, jenis pisang unik ini juga populer di Filipina sebagai Krie dan Cenizo di beberapa negara di Amerika Tengah.

 

Tinggi Nutrisi


©realfarmacy

Selain dimakan langsung, banyak yang menggunakan Blue Java Banana sebagai olesan roti panggang pengganti mentega karena teksturnya yang lembut. Bahkan, pisang ini menjadi alternatif vegan ice cream yang sempurna, cukup dibekukan dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti pemanis alami, rempah, maupun buah lainnya.

Bukan hanya lezat, pisang ini juga kaya vitamin B6 yang penting buat darah, kulit, dan sistem saraf pusat. Selain mengandung 0,4mg vitamin B6, Blue Java Bananas juga mengandung kalium yang dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah. 

 

Tertarik Menanamnya?


©bananas.org

Walau merupakan jenis pisang yang ditanam di Hawaii, kini mulai banyak yang menjual bibit maupun benihnya di Indonesia. Selain penasaran dengan hasil buahnya yang unik, tanaman pisang ini juga sering dipakai untuk menghias taman. Tingginya bisa mencapai sekitar 5 meter dengan dedaunan besar berwarna perak kehijauan.

Uniknya, meskipun biasa ditemukan di daerah beriklim tropis, tanaman Blue Java Bananas mampu bertahan hidup di suhu selama mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk memanen buahnya yang punya tampilan cantik ini, kamu perlu bersabar sekitar 9 bulan sebelum berbuah setiap tahunnya.

#MasaGakMau mencicipi atau bahkan menanam Blue Java Bananas yang unik ini?