ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Gunakan Pemikiran Kritis untuk Menyederhanakannya


© Pexels

Sebagai penemu teori relativitas, Einstein memang terbilang sangat cerdas, tapi uniknya saat kecil ia justru jarang mendapatkan nilai terbaik atau memiliki IQ tertinggi. Tapi gaya pemikirannya yang berbeda membuatnya menonjol dibandingkan teman sebayanya. Hal ini juga yang membuat ilmuwan dengan gaya rambut khasnya ini mampu memecahkan masalah yang sebelumnya bikin banyak ilmuwan lainnya ribut.

Jika Einstein ingin berinvestasi dengan baik, ia akan menghabiskan waktu untuk mempelajari fisika dasar dari pasar modal. Beliau mungkin bakal mengawali dengan pertanyaan yang sangat sederhana, prinsip apa yang paling efektif? Kesuksesan biasanya dihasilkan dari dua hal, yaitu fokus dan berusaha. Sebelum repot-repot bekerja keras pada sesuatu, pastikan apa yang kamu kerjakan ini tepat.

Kebanyakan orang melihat gambaran besarnya dan bingung mana dulu yang bakal dikerjakan. Ini yang dimaksud Einstein dengan quote terkenalnya. Jika ia diberi waktu satu jam untuk menyelesaikan masalah di mana hidupnya bergantung padanya, ia menghabiskan 55 menit untuk memikirkan pertanyaan yang tepat dan menyelesaikan masalah kurang dari 5 menit.

Berlatih Combinatory Play untuk Memacu Kreativitas


© Pexels

Setelah menyimpulkan prinsip investasi mana yang paling efektif, Einstein akan mulai memecahkan masalah. Sepanjang hidupnya, ia mempraktikkan permainan yang disebut combinatory play, berupa kombinasi konsep yang ada untuk membentuk gagasan baru. Einstein nggak menciptakan energi, massa, atau kecepatan cahaya, tapi ia kemudian berhasil menggagas teori populernya itu, e = mc².

Berpikir sederhana. Buat yang berminat berinvestasi biasanya sudah bingung dengan banyaknya informasi dan pilihan yang mengepung. Jangan diterima semua, cukup disaring mana yang baik untukmu. Kalau Einstein, mungkin akan menghubungkan prinsip keuangan yang ada dan menggabungkannya dengan cara yang baru dan kreatif. Ini yang akan membawamu jauh melebihi kompetitor lainnya.

Menggabungkan Prinsip-Prinsip Pasar


© Pixabay

Berkat kecerdasannya, nggak perlu waktu lama mungkin bagi Einstein untuk memahami hukum fisik pasar, bahwa untuk mengungguli, seseorang harus memimpin, bukan mengikuti. Jadi gabungkan prinsip-prinsip investasi yang benar untuk kualitas, nilai, dan efisiensi pajak yang membuat daya analisamu makin unggul.

Pengetahuan tentang investasi akan terus bertambah dengan teori-teori baru. Nggak perlu bingung menghadapinya, berkaca saja dari investor hebat seperti Warren Buffett, George Soros, dan Peter Lynch. Mereka tetap menerapkan metode terdahulu yang sudah terbukti efektif, tapi kemudian menambahkan idenya sendiri. Apalagi kini berkat perkembangan kemajuan dan teknologi, kamu jadi makin mudah mencari tahu apa yang harus dilakukan.

Berminat untuk mencobanya?