ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Pusing karena Tekanan Gula Darah rendah


©pexels

Saat olahraga, tubuh mengeluarkan banyak energi yang diambil dari nutrisi dalam tubuh. Sebagian orang mengira jika melewatkan makan setelah olahraga bisa membantu mengurangi berat badan. Sayangnya, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Hal ini diungkapkan oleh Susan Besser, M.D, seorang Primary Care Provider di Mercy Personal Physician, Baltimore. Melewatkan makan setelah olahraga bisa mengakibatkan pusing karena tekanan gula darah yang rendah. Tubuh memerlukan pengganti nutrisi yang bisa menghasilkan energi baru bagi tubuh.

 Kram dan Pingsan


©pexels

Keringat yang banyak keluar saat olahraga mengakibatkan tubuh kekurangan cairan elektrolit. Lemak pada otot pun juga menghilang, sehingga menyebabkan otor kram dan bisa mengakibatkan pingsan pada tingkat yang lebih tinggi. Itulah mengapa, kamu membutuhkan asupan makanan dan minuman yang cukup setelah olaharaga. 

Dehidrasi


©pexels

Cairan tubuh yang menghilang setelah olahraga perlu diganti dengan asupan makanan dan minuman yang cukup. Jika tidak, bisa mengakibatkan dehidrasi. Sebaiknya, penuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum olahraga, pada pertengahan olahraga dan saat sesi olahraga berakhir. Cairan tubuh ini tidak hanya didapatkan dari air putih saja, namun juga dari buah-buahan, jus, makanan dan masih banyak yang lainnya.

Kini kamu tahu kan pentingnya makan setelah olahraga? Yuk #Beranisehat dengan mengetahui dengan baik pentingnya asupan nutrisi setelah berolahraga.