ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Salah Gerakan


©pexels

Salah gerakan itu fatal banget. Bahkan untuk pemanasan sebelum olahraga pun kamu butuh gerakan yang tepat agar otot-otot tubuh benar-benar merasakan manfaat dari peregangan. Beraktivitas dengan cara yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada sendi dan otot, serta meminimalisir dampak olahraga. Nggak ada salahnya memiliki instruktur atau pendamping berpengalaman untuk membimbing gerakan-gerakanmu.

Olahraga dengan Perut Kosong


©pexels

Jangan olahraga dengan perut kosong. Para ahli justru merekomendasikan agar tubuh punya ‘bensin’ saat mulai bergerak. Sebelum memulai aktivitas, penuhi asupan glukosa agar gula darah tetap terjaga. Kalau terlalu rendah saat tubuh sedang lelah bisa berbahaya bagi dirimu. Konsumsi makanan, seperti pisang, buah beri, atau yoghurt rendah lemak, 45 menit sebelum latihan dimulai.

Latihan Kardio Berlebihan


©pexels

Ya, latihan kardio bisa membakar kalori. Tapi bukan berarti kamu harus melakukannya secara berlebihan. Lakukan latihan kardio dengan seimbang agar terhindar dari kelelahan dan gangguan otot. Berlatihlah dengan seimbang, diikuti dengan diet yang benar.

Kurang Tidur


©pexels

Kalau hasil olahraga masih belum terlihat, coba deh perhatikan pola tidurmu. Kurang istirahat di malam hari bisa mengganggu regenerasi sel di dalam tubuh, sehingga olahraga seakan nggak ada hasilnya. Selain itu, istirahat yang kurang juga bisa membuat tubuh jadi lemas dan nggak berenergi selama olahraga. Pantas saja kalau hasilnya nggak maksimal, kan?

Kurang Konsumsi Protein


©pixabay

Tubuh memerlukan protein yang dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel otot yang rusak. Selain itu, makanan kaya protein juga meningkatkan metabolisme lemak di tubuh, serta membakar lebih banyak kalori saat mencerna protein. Kalau menu makanan yang dikonsumsi rendah protein, jangan heran kalau olahraga nggak menunjukkan hasil yang diharapkan.

Kalau sudah terlanjur memiliki kebiasaan yang bikin olahraga nggak maksimal, saatnya untuk #BeraniBeda. Miliki cara olahraga yang baik dan benar, biar manfaatnya terasa dan kamu lebih bersemangat dalam menjaga kebugaran tubuh. Selamat mencoba!