ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tapi, bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari? Awali dengan tips merapikan isi fashion items di lemari ala Marie Kondo lewat beberapa langkah ini, yuk!

Keluarkan Semua Isi di Lemari


©Shutterstock

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengorganisir isi lemari adalah dengan mengeluarkan semua isinya terlebih dulu. Kumpulkan jadi satu tumpukan supaya kamu bisa tahu seberapa besar volume barang yang dimiliki. Ini penting supaya kamu bisa memperkirakan berapa banyak barang yang harus disingkirkan untuk membuat lemari lebih rapi.

Ajukan Pertanyaan ‘Sparks Joy’


©Shutterstock

Setelah semua barang yang ada di lemari terkumpul dalam satu tumpukan, mulailah menerapkan metode populer dari Marie Kondo, yaitu Sparks Joy check. Ambil satu per satu barang dan tanyakan kepada diri sendiri apakah hal tersebut membawa kebahagiaan dalam hidupmu.

Misalnya, dress cantik yang belum pernah digunakan tapi sudah tergantung di lemari selama bertahun-tahun lamanya apakah membuatmu bahagia saat mengenakannya? Jika tidak, saatnya pisahkan barang tersebut ke dalam kategori yang harus disingkirkan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih pada barang-barang tersebut karena telah menemanimu selama ini.

Terapkan Teknik Menggulung Pakaian ala Marie Kondo


©Shutterstock

Jika sudah berhasil melakukan sortir pada pakaian, langkah selanjutnya adalah menerapkan teknik menggulung pakaian secara vertikal ala Marie Kondo. Cara ini membuat baju lebih rapi di lemari dan gampang menemukan yang kamu cari. Jadi, nggak perlu lagi deh mengorek isi lemari di pagi hari saat kamu terburu-buru melakukan aktivitas.

Merapikan isi lemari bisa menjadi sebuah langkah awal untuk memulai kehidupan yang lebih baik. Yuk, mulai terapkan tips dari Marie Kondo di atas!