ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa Sih Passion-mu?


© Pixabay

Sebelum ingin memulai usaha berdasar hobi, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencari tahu apa passion-mu. Terdengar simpel ya, tapi bisa bikin kamu kebingungan saking banyaknya kegiatan yang kamu sukai. Mulailah memilah dan memilih hobi yang bikin kamu nyaman dan rela melakukan apa saja, bukan sekadar iseng atau malah ikut-ikutan tren yang sedang booming.

Hobimu Harus Punya Nilai Jual


© Pexels

Jika sudah menemukan passion yang dimiliki, sekarang cari tahu apakah hal yang disukai ini memiliki nilai jual dan bisa menghasilkan keuntungan? Selain itu, kamu juga harus berpikir kreatif agar kegemaran ini dapat menjadi sesuatu yang unik dan menambah pundi-pundi keuangan.

Misalnya, jika memiliki passion dalam bidang kuliner, kamu bisa menghasilkan uang dengan bisnis makanan, mulai dari membuka kafe, bisnis katering makanan, dan sebagainya. Jangan hanya bisa mengikuti tren, tapi sebisa mungkin kamu juga harus dapat menciptakan tren sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa menjajal peluang menjadi food blogger, yang kini sedang banyak digemari kaum millenial. Selain menerima endorse dari produk-produk yang berkaitan, bisa juga memberikan review dan promosi untuk tempat makan yang baru saja dibuka.

Memperluas Pengetahuan


© Unsplash

Terus belajar! Walau sudah merasa ahli dan mahir dalam melakukan hobi, jangan berhenti dalam zona nyamanmu, gali terus pengetahuan dan wawasan yang bakal bikin bisnismu terus berkembang. Di bidang fotografi misalnya, selain menyediakan jasanya ciptakan juga peluang lainnya, baik itu kreasi album yang baru atau menjajal tren foto yang sedang banyak diminati.

Menciptakan Brand


© Pexels

Peluang bisnis yang berawal dari passion dan hobi bakal makin terbuka lebar setelah kamu menciptakan brand yang mudah diingat. Selain nama, pertimbangkan juga target pasar yang diinginkan, misalnya fokuskan hobi kulinermu untuk membuat makanan sehat buat anak-anak atau orang dewasa yang lagi diet.

Jangan lupa membuat portofolio yang menarik perhatian banyak orang. Selain itu, lakukan promosi bisnis secara digital, baik itu menggunakan website maupun akun media sosial yang banyak digunakan orang lain. Cara ini bisa membantu bisnis kamu lebih berkembang dengan cepat, asal melakukan strategi promosi yang tepat.

Berani Melangkah


© Pexels

Jika sudah mantap mengubah hobi yang dimiliki menjadi peluang bisnis, ini saatnya berani melangkah. Seringkali ide bisnis yang sejalan dengan passion nggak terwujud karena perasaan ragu dan takut yang sering muncul dalam diri.

Ada saja alasannya, mulai dari nggak punya modal hingga takut gagal. Jangan sampai ide yang sudah dikembangkan selama ini akhirnya mati atau bahkan didahului orang lain karena keraguanmu. Yuk, berani melangkah ke depan!

Memiliki passion jangan hanya sebatas melakukan hobi saja, kembangkan jadi peluang yang menguntungkan, bahkan jadi sumber pendapatan.