ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Salah satu sosok perempuan yang dianggap berpengaruh dalam zaman modern ini adalah istri dari mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, yakni Michelle Obama. Ungkapan cantik dan inspiratif menggambarkan perempuan kulit hitam yang berhasil menjadi Ibu Negara AS pertama. Kedudukannya tatkala sang suami menjabat sebagai Presiden AS tak lepas dari aksinya berjuang untuk mempromosikan penyetaraan global, salah satunya dalam hal pendidikan dan kesehatan.

 

Tahun 2018 silam, Michelle Obama meluncurkan bukunya yang berjudul Becoming. Ini mungkin bukan sebuah novel menyenangkan yang bisa menjadi opsi hiburan, tetapi buku ini menuangkan kisah-kisah inspiratif dan perjuangan serta perjalanan hidupnya terutama ketika mendampingi sang suami memimpin negeri adidaya tersebut. Buku ini juga penuh kata-kata mutiara alias quotes inspiratif yang mungkin bisa menyadarkan dan menyemangatimu. Seperti apa?

 

"If you don't get out there and define yourself, you'll be quickly and inaccurately defined by others."

Satu hal yang pasti dalam dunia ini adalah kita bertahan karena kita, sampai saat ini, masih sanggup lolos dari seleksi alam dalam kehidupan kita. Entah karena kemampuan bagian mana, bahkan sampai bagian yang tidak kita sadari, kita masih hidup di dunia ini karena kita masih bisa berjuang. Sayangnya, terkadang perjuangan kita teracuni oleh pendapat orang lain yang bahkan memberikan pengaruh buruk bagi diri kita namun kita dengar.

Michelle Obama menegaskan, ketika kita tidak stand out dan memahami betul bagaimana diri kita, jika kita tidak bisa 'idealis' untuk memegang teguh siapa diri kita, maka orang lain yang akan mengambil peran tersebut. Parahnya, orang lain, sedekat apapun mereka, tidak mengetahui siapa kita yang sesungguhnya, apa kekuatan dan kelemahan kita, sehingga mereka hanya akan memberi label yang salah pada diri kita. Jangan biarkan orang lain melakukan hal itu, satu-satunya orang yang memahami diri kita sendiri adalah kita sendiri. Bahkan ketika orang terdekatmu meragukanmu, jangan kemudian kita terbawa arus untuk mempercayai pendapat itu.

 

"Failure is a feeling long before it's an actual results. It's vulnerability that breeds with self-doubt and then is escalated, often deliberately, by fear."

Kesuksesan hanya akan datang pada mereka yang telah menghabiskan jatah gagal dalam hidupnya. Artinya mereka memiliki track record untuk berlatih terus-menerus tanpa takut bahwa kegagalan akan menjadi takdir mereka. Mereka memiliki kepercayaan bahwa kegagalan adalah bukti bahwa mereka telah mencoba dan memperbaiki, melakukan siklus tersebut berulang kali sampai mendapatkan hasil yang sempurna.

Jangan takut untuk gagal, jangan takut untuk salah. Bahkan dalam pekerjaanmu, melakukan kesalahan bukan sebuah hal fatal. Itu ada bukti kamu berproses. Hanya saja, pelajari apa yang salah ketika terjadi kegagalan, perbaiki, dan lakukan kembali. Kamu akan mendapatkan hasil yang berbeda dan lebih baik.

Quote ini mungkin bukan sebuah kata-kata yang baru, namun pada kenyataannya tidak semua orang bisa benar-benar meninggalkan rasa takut mereka untuk mencoba dan mengalami kegagalan. Terlalu fokus pada kesuksesan itu tidak salah, akan tetapi memperhatikan kesalahan dan memperbaikinya akan membuat kita semakin mendekati tujuan yang kita harapkan.

 

 

https://s.abcnews.com

 

"Your story is what you have, what you will always have. It is something to own."

Setiap orang mengalami hal-hal yang berbeda dalam hidupnya. Sehingga, bagaimana karakter mereka terbentuk tentu berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Beberapa orang mungkin mengalami benturan karena skema dan nilai-nilai yang mereka percayai berseberangan dengan orang lain, namun tak jarang ada orang yang bisa begitu dekat karena kesamaan pengalaman di masa lampau.

Bagaimanapun kisah yang kamu alami di masa lampau, itu adalah milikmu. Kamu tidak perlu malu karena pernah mengalami masa-masa yang sedikit orang pernah mengalaminya namun juga tak perlu terlalu jumawa. Begitu juga untuk goresan cerita baru di masa depan, itu sepenuhnya berada dalam kontrolmu. Artinya, untuk kehidupan yang akan datang, bagaimana jalan hidupmu nantinya, semua tergantung pada dirimu. Lakukan apa yang kamu yakini, cari orang-orang yang mendukungmu, lakukan hal yang berarti bagi sesamamu, dan milikilah kisahmu sendiri.

 

"At fifty-four, I am still in progress, and I hope that I always will be."

Di usianya yang sudah lebih dari setengah abad, Michelle Obama tidak berhenti berproses dalam dirinya untuk segala program kerja dan impian yang ingin dia wujudkan. Ini adalah inspirasi bagi kita yang lebih muda untuk bisa meniru semangatnya. Umur hanyalah angka, ia tidak bisa mendefinsikan waktu hidup dan masa kadaluarsa seseorang untuk berkarya. Setiap orang punya timeline masing-masing, kamu tidak perlu melihat timeline orang lain karena proses setiap orang pun berbeda. Fokuslah pada jalan hidupmu, miliki progress yang baik, dan lakukanlah hal-hal yang berarti.

 

Sejatinya masih terdapat banyak sekali kalimat inspiratif dalam buku karya Michelle Obama ini. Kamu bisa mendapatkannya di toko buku resmi di Indonesia baik dalam karya asli berbahasa Inggris maupun terjemahan bahasa Indonesia. Harapannya, rekomendasi buku ini tidak hanya menghiburmu dengan kalimat penyemangatnya saja tetapi benar-benar membawa impact yang berarti membutuhkan perubahan dalam dirimu juga. Semangat!