ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Meskipun sudah terlanjur buruk dalam mengatur keuangan, saat ini nggak terlambat bagi kamu untuk berubah. Keuangan yang baik adalah kunci untuk masa depan yang lebih menjanjikan. Seringkali milenial nggak bisa mengatur keuangannya karena nggak pernah mendapatkan informasi tentang bagaimana mengatur keuangan yang tepat. Nah, sekarang saatnya kamu belajar untuk mengatur keuangan yang tepat dengan tips-tips berikut!


1.      Mengalokasikan gaji dengan rumus 50/30/20


hrinasia.com

 

Awal bulan selalu diiringi dengan senyuman. Pasalnya, kamu akan menerima gajian. Tapi nggak menunggu lama, beberapa hari kemudian, kamu langsung memasang wajah muram karena gajimu sudah mau habis. Sebenarnya kemana sih gaji yang kamu terima? Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh milenial adalah nggak mencatat pengeluaran yang dilakukan. Hal-hal kecil, seperti membeli barang yang nggak masuk dalam daftar belanjamu jika diakumulasikan jumlahnya bisa membuatmu kaget, lho!

 

Kamu bisa mulai mengatur pengeluaran dengan mengalokasin gajimu secara tepat. Gunakanlah rumus 50/30/20. Alias, 50% digunakan untuk kebutuhan, 30% boleh digunakan untuk memuaskan keinginan, dan 20% sisanya harus masuk ke tabungan. Dengan pembagian ini, kamu bisa lebih berhati-hati saat mengeluarkan uang karena setiap rupiah menjadi lebih berharga, berapa pun nominalnya.

 

2.      Memiliki dana darurat


moneytalksnews.com

Kamu harus memiliki dana darurat untuk mengakomodasi kebutuhanmu di saat-saat genting. Pastinya kamu nggak mau memikirkan hal-hal buruk akan terjadi dalam hidupmu. Namun, pada kenyataannya, ketidakpastian itu dialami oleh semua orang kok. Akan lebih baik bila kamu mempersiapkannya.

 

Jumlah dana darurat adalah minimal 3 kali lipat dari gaji. Jika kamu belum memiliki dana darurat, kamu bisa memulainya dengan mengorbankan beberapa persen keinginanmu untuk dialokasikan sebagai dana darurat. Sebaiknya kamu memprioritaskan dana darurat terlebih dahulu sebelum memiliki tabungan.


3.      Melunasi hutang dengan teknik snow ball


fool.com

Kamu merasa nggak bisa mengatur keuangan karena gajian selalu habis untuk membayar hutang? Berhutang memang terdengar menyenangkan karena kamu bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan lebih dahulu. Namun, membayar bunga dan menyicil hutang adalah aktivitas yang melelahkan. Kamu harus cepat melunasi hutangmu nih sebelum hutang mempengaruhi kondisi emosionalmu dalam memandang uang.

 

Kamu bisa menggunakan teknik snow ball, yakni melunasi hutang yang lebih kecil dahulu. Fokuskan dirimu untuk melunasi hutang lebih awal. Jika sudah begitu, maka bebanmu akan terangkat sedikit demi sedikit.


4.      Mengamankan uang tabungan



thewaystowealth.com

 

Jika kamu masih sering tergoda untuk menggunakan uang tabungan, maka kamu harus mempertimbangkan membuka rekening baru. Buatlah rekening yang nggak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Jika kamu terus-terusan menggunakan uang tabunganmu, maka tabunganmu nggak akan bertambah, bahkan terus berkurang jumlahnya.


5.      Melakukan segala bentuk investasi


beneple.com

Dengan berinvestasi, kamu bisa melipatgandakan uang dalam jangka waktu tertentu. Namun, kamu nggak hanya bisa berinvestasi lewat uang, lho! Bila nggak tahu ilmunya dan belum ada uangnya, kamu bisa berinvestasi dengan hal lain. Investasi yang paling penting itu adalah kepada diri sendiri. Kamu bisa mengikuti seminar dan membaca buku tentang keuangan agar semakin dewasa dalam mengatur keuangan.

 

Dari kelima tips mengatur keuangan di atas, nomor berapa nih yang sudah kamu terapkan?