ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Jangan sampai, waktu pensiun yang seharusnya digunakan untuk beristirahat malah membuatmu terbebani. Lantas, bagaimana caranya supaya kamu bisa memiliki perencanaan keuangan tepat untuk masa tua?


Siapkan dana pensiun


telegraph.co.uk

Tidak ada usia yang terlalu dini untuk memikirkan masa tua. Jika kamu merasa masih terlalu muda, maka hilangkan pikiran tersebut dan mulai siapkan dana pensiun dari sekarang. Kamu harus memiliki goal yang realistis. Coba perkirakan, kapan kamu akan pensiun, dan berapa uang yang kamu butuhkan setelah pensiun.

Dengan memiliki angka yang realistis, kamu akan lebih mudah untuk fokus pada persiapan dana pensiun. Cara yang dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun pun beragam. Bisa dengan investasi, tabungan, atau mengikuti program jaminan sosial. Mumpung masih muda, coba kamu cari tahu lebih banyak mengenai jenis program yang ditawarkan bank untuk dana pensiun. Semakin banyak informasi yang kamu tahu, akan menolongmu agar tidak salah memilih program keuangan.


Rencanakan kebutuhan setelah pensiun


sentinelassam.com

Meskipun pensiun masih lama, kamu sudah harus merencanakan kebutuhan setelah pensiun dari sekarang. Dengan memiliki perencanaan yang tepat, kamu akan punya tujuan saat menghemat. Investasi pun lebih mudah dilakukan karena telah disesuaikan dengan kebutuhan yang kamu hitung.

Kalau perlu, kamu bisa gunakan kalkulator pensiun untuk menghitung di usia berapa kamu akan pensiun. Berapa banyak yang dibutuhkan untuk kebutuhan setelah pensiun bisa kamu bagi dengan perencanaan lewat tabungan, investasi, dan program jaminan sosial.


Mulai lakukan investasi jangka panjang


cdn.dnaindia.com

Jika kamu belum mengetahui banyak informasi mengenai investasi, mulailah dari sekarang! Investasi jangka panjang sangat penting untuk dana pensiun, lho! Pasalnya, investasi yang kamu lakukan sekarang akan membuahkan hasilnya saat di usia tua nanti.

Untuk dapat melakukan investasi jangka panjang, kamu perlu melihat anggaran pengeluaranmu terlebih dahulu. Kurangi pengeluaran pada beberapa bagian yang tidak perlu. Alokasikan pengeluaranmu lebih banyak untuk investasi jangka panjang!


Jangan lupa untuk selalu memiliki dana darurat


mk0zezosobuapu92jg73.kinstacdn.com

Dana darurat wajib kamu miliki untuk mencegah hutang! Idealnya, dana darurat jumlahnya sama dengan 3-6 bulan kebutuhan hidup. Dana darurat penting untuk digunakan ketika kondisi genting, misalnya saat sedang sakit, kecelakaan, atau tiba-tiba resign dari pekerjaan. Jika kamu menghadapi kondisi darurat namun tidak memiliki dana darurat, maka kamu akan mencari hutang.

Hutang dengan bunga yang diberikan bisa membuat perencanaan keuanganmu di masa tua menjadi terhambat. Tidak mau kan, memiliki investasi, namun masih harus membayar hutang berbunga? Solusinya, persiapkan dana darurat dari sekarang, ya!


Cari penghasilan sampingan


thumbor.forbes.com

Apakah kamu merasa mempersiapkan dana pensiun tidak mungkin kamu lakukan? Bila penghasilann dari pekerjaanmu belum bisa digunakan untuk menabung atau investasi, maka kamu harus mencari penghasilan sampingan. Yang penting, kamu tetap bisa mengumpulkan dana pensiun yang berguna bagi masa tuamu.

Pekerjaan sampingan ini bisa tetap kamu lakukan setelah pensiun, lho! Tapi, pastikan pekerjaan yang kamu pilih, tidak mengganggu pekerjaan utama ya. Tidak hanya menghemat, kamu juga perlu untuk mendapatkan uang tambahan. Cara ini bisa meringankanmu untuk mempersiapkan dana pensiun dengan lebih cepat.

Jangan lupa lakukan evaluasi secara berkala untuk mengontrol dana pensiun yang sedang kamu kumpulkan, ya! Kariermu yang sukses di masa muda ini tidak akan ada artinya di masa tua bila kamu tidak segera mempersiapkan dana pensiun.