ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Atur strategi belanja

Saat belanja bulanan, kamu bisa bandingkan harga terlebih dulu dan mencari yang termurah. Buatlah rencana masak per minggu, agar bahan-bahan makananmu tetap segar dan tak ada yang terbuang percuma.

 

2. Kurangi pengeluaran

Bingung mulai dari mana? Cek deh pengeluaran bulananmu, dari mutasi rekening hingga laporan pengeluaran di aplikasi e-wallet.

Lalu, evaluasi kembali apa saja yang bisa kamu pangkas, misalkan langganan streaming yang jarang dipakai, kuota internet yang selalu tersisa, atau jatah pengeluaran konsumtif lainnya.

 

3. Atur budget

Untuk mencegah overspending karena biaya meningkat, kamu bisa atur kembali budget-mu. Setelah memangkas budget pengeluaran, kamu bisa alokasikan ulang untuk membayar utang, menabung, atau berinvestasi. 

 

4. Tambah penghasilan

Di luar pekerjaan utama, selalu ada opsi untuk mendapatkan income lebih. Coba deh kamu cek kembali, apakah ada yang bisa kamu jual atau sewakan, seperti barang-barang bayi, baju, atau sepatu.

Kalau tertarik untuk punya side job, kamu bisa mencoba mengajar online, atau menjadi freelance sesuai bidang yang kamu kuasai.

 

5. Miliki dana darurat

Masih belum terlambat untuk mengumpulkan dana darurat. Hasil penghematan dan pendapatan ekstramu bisa dimasukkan dalam pos ini.

Jika terjadi hal tak terduga, seperti gadget rusak, kendaraan masuk bengkel, atau sakit gigi, kamu gak perlu panik lagi soal dananya.

 

6. Berinvestasi

Agar uangmu tidak tergerus inflasi, pilihlah instrumen investasi dengan imbal balik (return) yang lebih tinggi dari tingkat inflasi. Misalkan, rata-rata tingkat inflasi di Indonesia mencapai 4,2% per tahun, kamu bisa pilih instrumen dengan return 5-7% per tahun.

Opsi investasimu beragam, dari pasar modal, reksa dana hingga emas. Harga logam mulia yang satu ini cenderung stabil dan aman saat inflasi.

 

7. Memiliki asuransi kesehatan

Di tengah gempuran harga yang meningkat, jangan lupakan risiko sakit dan biaya rumah sakit yang selangit. Namun, kamu gak perlu khawatir kalau punya asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya pun terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!

 

Seperti peribahasa “Sedia payung sebelum hujan”, yuk, mulai persiapan finansial sebelum kenaikan harga kian menghadang.



Sumber :

https://www.kompas.tv/article/312941/tips-mengelola-keuangan-untuk-menghadapi-inflasi-tinggi

https://www.forbes.com/advisor/personal-finance/how-to-budget-during-inflation-how-to-budget-for-inflation/

https://time.com/nextadvisor/investing/how-to-deal-with-inflation/

https://www.acquisition-international.com/how-to-prepare-for-inflation-and-prevent-money-problems/

https://time.com/nextadvisor/investing/how-to-deal-with-inflation/

https://www.kompas.tv/article/312941/tips-mengelola-keuangan-untuk-menghadapi-inflasi-tinggi

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10524