ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Dikenal dengan gaya fashion yang mengombinasikan sisi classy, modern, dan elegant, anggota kerajaan Inggris ternyata punya aturan ketat soal penampilan. Terutama untuk perempuan. Ingin mencoba #BeraniBeda berdandan ala keluarga kerajaan Inggris? Intip dulu panduan busananya di sini.

Pakaian Warna Cerah Jadi Prioritas


©Shutterstock/Shaun Jeffers

Hal pertama yang barangkali sering kamu temukan adalah warna-warna cerah pada pakaian yang dipakai perempuan keluarga kerajaan Inggris. Baik Kate Middleton maupun Ratu Elizabeth memakai warna cerah, bukan semata karena mereka suka. Lebih dari itu, kerajaan Inggris punya protokol khususnya bagi ratu, agar tampil standout alias mencuri perhatian publik. Itulah alasan kenapa warna bajunya dominan warna cerah. Selain itu, mereka juga perlu selalu membawa baju hitam setiap kali bepergian. Tujuannya agar bisa lekas melayat bila ada anggota kerajaan atau orang penting yang meninggal dunia.

Pakai Topi Demi Lestarikan Tradisi


©Shutterstock/ImageFlow

Perempuan dalam keluarga kerajaan Inggris selalu melengkapi gaya berpakaian mereka dengan memakai topi. Lebih-lebih bila menghadiri acara formal, maka mereka akan mengenakan topi berwarna senada dengan pakaiannya. Rupanya, hal ini telah menjadi tradisi turun-temurun dalam keluarga kerajaan Inggris. Bila tidak mengenakan topi, biasanya mereka akan melestarikan tradisi menutup rambut bagi perempuan kerajaan Inggris menggunakan tiara atau headscarf, sebagaimana yang sering dilakukan Ratu Elizabeth.

Clutch Bukan Sekadar Fashion Statement


©Shutterstock/360b

Baik Ratu Elizabeth, Kate Middleton hingga Meghan Markle hampir selalu membawa clutch atau tas kecil ketika tampil di publik. Lebih dari sekadar fashion statement, penggunaan clutch ternyata punya maksud lain. Tujuan mereka membawanya adalah untuk menghindari salaman, yang termaktub dalam protokol kerajaan. Terlebih jika Kate Middleton misalnya, memegang clutch tersebut dengan kedua tangan, itu artinya memang sedang tidak ingin bersalaman.

Tiara Hanya Berlaku untuk Momen Sakral


©Shutterstock/Featureflash Photo Agency

Ketika Kate Middleton mengenakan tiara dalam pernikahannya, ia memang terlihat anggun dan bersahaja. Namun, tahukah kamu jika tiara tak boleh dikenakan setiap waktu secara bebas lho. Sebaliknya, kerajaan Inggris punya aturan jika tiara hanya boleh dikenakan saat momen sakral. Salah satunya saat momen pernikahan. Selain itu, perempuan yang masih lajang atau anak-anak di keluarga kerajaan Inggris tak boleh pakai tiara.

Tak Bebas Pakai Cat Kuku


©Shutterstock/Mr Pics

Jika kamu jeli memperhatikan setiap penampilan keluarga kerajaan Inggris, khususnya yang perempuan, seperti Ratu Elizabeth atau Kate Middleton, kamu bakal sadar jika mereka jarang pakai cat kuku warna-warni. Kerajaan Inggris rupanya punya aturan ketat penggunaan warna cat kuku. Selain warna transparan, mereka hanya diperkenankan memakai pakai cat kuku warna pink alami. Hal ini untuk menonjolkan sisi natural dalam setiap penampilan.

Itu tadi beberapa aturan fashion keluarga kerajaan Inggris yang wajib kamu tahu jika ingin berpenampilan seperti mereka. Siap mencoba?