ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa sih efek luar biasa dari olahraga?

Berolahraga beberapa kali dalam seminggu selama 30-60 menit bisa mempertajam pikiran dan meningkatkan memori kamu!

Rutin melakukan workout juga bisa memperlambat munculnya Alzheimer pada orang-orang yang berisiko. Tak hanya itu, exercise dapat membantu melawan depresi dengan meningkatkan mood dan memori, serta mengatasi masalah tidur yang mengganggu. 

 

Apa saja tanda-tanda Alzheimer?

Kesulitan mengingat informasi baru adalah tanda-tanda awal dari penyakit ini. Ketika gejala bertambah parah, berbicara, menelan, dan berjalan pun menjadi sulit.

 

Bagaimana pengaruhnya ke demensia?

Alzheimer merupakan penyebab umum dari demensia, yakni suatu kondisi ketika terjadi penurunan kemampuan mental yang memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Perlu diingat, demensia bukanlah hal normal dalam penuaan, karena hal ini disebabkan oleh kerusakan pada sel otak yang berdampak pada kemampuan berkomunikasi, berpikir, dan bertindak.

 

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Studi membuktikan, stamina berkaitan dengan demensia. Nah, untuk mengurangi risiko demensia, kamu bisa coba lakukan olahraga kardio, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan olahraga berintensitas sedang selama 150 menit per minggunya atau workout berintensitas tinggi selama 75 menit. Kamu juga bisa kombinasikan kardio dengan strength training, seperti menari dan boxing.

 

Bagaimana solusinya buat yang mageran?

Satu sesi olahraga saja bisa meningkatkan kinerja memori dan otak dalam mengelola informasi. Bayangkan dampak jangka panjangnya, jika kamu melakukannya secara rutin!

Cobalah untuk berolahraga selama 10 menit. Jika sudah terbiasa, kamu bisa tingkatkan lagi durasi dan intensitasnya.

 

Adakah alternatif olahraga?

Kegiatan fisik tak sebatas olahraga saja loh! Kamu juga bisa jalan santai, bersih-bersih rumah, atau berkebun. Menurut studi, kegiatan sehari-hari, seperti mencuci atau memasak juga dapat mengurangi risiko Alzheimer.

 

Untuk masa depan yang bebas kekhawatiran, yuk, mulai jaga kesehatan dengan berolahraga dan memiliki Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya pun terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!

 

 



Sumber :

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/alzheimers-disease/expert-answers/alzheimers-disease/faq-20057881

https://www.verywellhealth.com/exercise-benefits-for-alzheimers-98666

https://www.alz.org/alzheimers-demensia/difference-between-demensia-and-alzheimer-s

https://www.alz.org/alzheimers-demensia/difference-between-demensia-and-alzheimer-s

https://www.webmd.com/fitness-exercise/news/20210720/why-exercise-can-help-prevent-alzheimers

https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-7-least-effective-exercises

https://www.alzheimers.org.uk/about-demensia/risk-factors-and-prevention/physical-exercise