ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Pernah nggak sih kamu berpikir, apa sih penyebab kuliner Indonesia bisa mendunia? Temukan jawabannya berikut ini!


Masakan Indonesia kaya rempah-rempah


dhj74h18xl1c0.cloudfront.net

Penjajah dari eropa khusus datang ke Indonesia untuk berdagang rempah-rempah. Hampir seluruh wilayah Indonesia memang kaya akan rempah-rempah. Beberapa contohnya adalah kayu manis, cengkih, kemiri, lada, ketumbar, kapulaga, dan jahe. Rempah-rempah ini digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menjadi bumbu penyedap dalam masakannya.

Rempah-rempah khas Indonesia rupannya adalah alasan masakan Indonesia memiliki cita rasa yang khas. Kelezatan masakan Indonesia kebanyakan disebabkan oleh rempah-rempah. Bukan hanya soal rasa, rempah-rempah juga memiliki wangi yang menggoda selera.


Tidak menang di masalah tampilan, tapi juara di kategori rasa


cdn.idntimes.com

Masakan Indonesia memang masih kalah soal penampilan bila dibandingkan dengan masakan dari barat. Disajikan ala kadarnya, justru masakan Indonesia mengusung tema kesederhanaan. Warna-warna yang berpadu dalam hidangan tidak membangkitkan selera.

Namun, bila kamu mencicipi masakan Indonesia sekali saja, maka dijamin akan ketagihan terus! Alasannya, masakan Indonesia mengandung rempah-rempah yang menggugah selera makan. Nggak masalah tidak menang di masalah tampilan, tapi masakan Indonesia tetap juara di kategori rasa.


Pilihan bahan masakan dengan kandungan lemak tinggi


primarasa.co.id

Sadar nggak sih kalau masakan Indonesia banyak yang memiliki kandungan lemak tinggi? Masakan seeprti rendang dan nasi goreng, contohnya. Rendang menggunakan santan sebagai bahan utamanya. Masakan lain yang menggunakan santan sebagai bahan adalah opor, gulai, lodeh, dan lain-lain. Sementara, maskaan seperti nasi goreng, menggunakan minyak yang banyak dalam prosesnya.

Masakan Indonesia memang kebanyakan disajikan dengan digoreng. Jika direbus, biasanya akan ditambahkan santan. Masakan Indonesia dengan kandungan lemak tinggi ini justru banyak digemari, lho!


Tidak ada aturan khusus saat makan


kayakuliner.com

Berbeda dengan cara makan orang barat yang harus dilengkapi dengan makanan pembuka dan penutup, masakan Indonesia tidak memiliki aturan khusus untuk dinikmati. Kita bisa menikmatinya langsung dan bisa menambah berapa pun porsi yang diinginkan.

Masakan Indonesia juga tidak memiliki instruksi khusus, seperti harus dimakan menggunakan garpu dan pisau. Semua jenis alat makan bisa dimanfaatkan untuk menikmati hidangan Indonesia. Bahkan, makan menggunakan tangan adalah hal yang wajar dan sah-sah saja di budaya Indonesia.

Harganya yang ekonomis


media.travelingyuk.com

Masakan Indonesia dibanderol dengan harga yang relatif murah. Dibandingkan masakan barat yang memiliki harga tiga kali lipatnya, masakan Indonesia tidak kalah enak dengan harga yang lebih masuk akal. Bukan hanya di Indonesia, di luar negeri pun, masakan Indonesia masih dijual dengan harga yang lebih murah daripada pesaingnya. Dengan harga yang pas di kantong dan rasa masakan yang lezat, siapa sih yang bisa tahan untuk tidak tergoda dengan masakan Indonesia?

Apakah kamu setuju kalau alasan di atas adalah penyebab kuliner Indonesia bisa mendunia? Poin apa lagi yang ingin kamu tambahkan sebagai penyebab dari kuliner Indonesia bisa terkenal di dunia?