ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Roti Buaya

Masyarakat Betawi menjadikan roti buaya sebagai hantaran wajib dalam pernikahan.

Buaya dianggap sebagai simbol kesetiaan karena hewan ini hanya kawin sekali dengan satu betina. Dalam tradisi Betawi, roti buaya dibuat dengan tekstur padat dan keras.

 

2. Soto Tangkar

Dalam bahasa Betawi, tangkar memiliki arti tulang iga. Berbeda dengan soto Betawi, soto tangkar memiliki rasa yang lebih ringan dan segar, berkat campuran air asam Jawa, kencur, dan lengkuas.

 

3. Laksa Betawi

Laksa merupakan mi yang diolah dengan sentuhan peranakan. Hidangan berkuah yang satu ini memiliki aroma yang harum akan rempah.

Laksa Betawi biasanya berisikan bihun, kuah, potongan ayam, telur rebus, taoge, dan daun kucai. Agar semakin lezat, jangan lupa tambahkan emping, bawang goreng, dan sambal ya!

 

4. Nasi ulam

Tak kalah enak dengan nasi uduk, nasi ulam adalah nasi komplet yang memadukan nasi putih dengan serundeng kelapa dan kacang tanah tumbuk.

Lauknya pun lengkap, dari bihun goreng, irisan telur, tempe, tahu, dendeng, empal, cumi hingga perkedel kentang. Tambahkan kerupuk juga ya agar semakin nikmat!

 

5. Bubur Ase

Cita rasa unik dapat kamu temukan di semangkuk bubur ase. Kombinasi dari bubur, kuah ase, asinan, taburan kacang, kucai, teri, dan kerupuk berpadu dengan istimewa.

Uniknya, bubur ini bisa disantap dingin atau dalam suhu ruangan. Namun, kuah ase yang dituang tetap panas sehingga sajian tetap terasa hangat. Kuah ase sendiri berisikan potongan daging, kentang, tahu, dan telur.

 

6. Roti Gambang

Satu lagi yang legendaris dari Jakarta: roti gambang. Nama gambang sendiri diambil dari alat musik tradisional, gambang kromong. 

Proses pembuatan roti ini mengadopsi cara Belanda pada masa kolonial, namun dengan bahan yang mudah diperoleh, seperti gula merah dan kayu manis.

Dari enam makanan asli Jakarta tadi, mana nih yang ingin kamu coba? Untuk kamu yang ingin mengeksplor kuliner klasik ini, jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan ya!

Selain dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, kamu juga bisa jaga diri dari risiko kesehatan dengan Asuransi Bebas Handal, asuransi kesehatan berbasis syariah yang lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun.

 

Kontribusi mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online. Selengkapnya di: https://www.ifwd.co.id/bebas-handal

 



Sumber:

https://traveling.bisnis.com/read/20210524/224/1397244/sambut-ulang-tahun-ke-494-ibu-kota-usung-tema-jakarta-bangkit

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5147734/sejarah-dan-filosofi-roti-buaya-makanan-ikonik-betawi?single

https://www.kompas.com/food/read/2020/08/05/161600775/sejarah-soto-tangkar-khas-betawi-lahir-karena-daging-hanya-untuk-penjajah

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditwdb/laksa-betawi/

https://food.detik.com/info-kuliner/d-3277371/perpaduan-kultur-dalam-seporsi-nasi-ulam-betawi

https://travel.kompas.com/read/2019/10/19/093115327/roti-gambang-berasal-dari-mana-ini-asal-usulnya?page=all

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbjabar/roti-gambang-kuliner-legendaris-dari-betawi/