ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Munculnya virus corona telah menciptakan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, bagaimana virus ini muncul dan apakah ada potensi munculnya virus lain di kemudian hari? Telusuri lebih dalam agar kita bisa mempersiapkan hidup dengan lebih matang!


1.      Apa sih itu virus?

Virus adalah agen menular miskroskopis atau sangat kecil yang membutuhkan sel hidup lainnya, untuk bereproduksi. Virus dapat menginfeksi hewan, tumbuhan, dan manusia.

2.      Apa benar virus dari binatang bisa menginfeksi manusia?

Dr. Peter Daszak, presiden dari EcoHealth Alliance memperkirakan terdapat 1,5 juta virus di alam liar yang belum kita ketahui. 

3.      Apa perbedaan COVID-19, SARS, dan MERS?

Ketiga penyakit ini disebabkan oleh kelompok virus yang sama, yaitu virus corona. Penularan SARS diketahui dari luwak, sedangkan MERS dari unta dan COVID-19 diduga dari kelelawar. Penularan COVID-19 dari manusia ke manusia terjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan SARS dan MERS.

4.      Bagaimana cara penularan virus corona?

Virus Corona menyerang saluran pernapasan dan menyebar melalui droplets atau cairan bersin atau batuk yang masuk ke mata, hidung, atau mulut. 

5.      Mengapa cuci tangan bisa mencegah virus corona?

Virus corona memiliki lapisan luar, yang pada dasarnya adalah lemak. 

6.      Apakah ada langkah pencegahan lain?

Selain menjaga kebersihan, kamu juga perlu menjaga kesehatan. 

7.      Apakah ada cara cepat menangkal virus ini?

Cara terbaik untuk melawan virus adalah vaksin. 

8.      Apa yang saya butuhkan untuk bertahan di tengah pandemi?

Dalam situasi pandemi, kamu bisa menjaga kesehatan, kebersihan, dan mulai mempertimbangkan perlindungan. 

 

Sumber:

International Journal of Antimicrobial Agents, “Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) and coronavirus diseases-2019 (COVID-19): The epidemic and the challenges”, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/32081636, 17 Maret 2020

Sciencefocus.com, “Coronavirus: Is hand-washing really the best thing we can do to stop the spread of COVID-19”. https://www.sciencefocus.com/news/coronavirus-can-hand-washing-really-stop-the-spread-of-covid-19/, 13 April 2020

Alodokter.com, “Ketahui Perbedaan COVID-19 dengan SARS dan MERS”, https://www.alodokter.com/ketahui-perbedaan-covid-19-dengan-sars-dan-mers, 10 Maret 2020

 Netflix.com, “Coronavirus, Explained: This Pandemic”, 22 April 2020