ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Munculnya virus corona telah menciptakan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, bagaimana virus ini muncul dan apakah ada potensi munculnya virus lain di kemudian hari? Telusuri lebih dalam agar kita bisa mempersiapkan hidup dengan lebih matang!


1.      Apa sih itu virus?

Virus adalah agen menular miskroskopis atau sangat kecil yang membutuhkan sel hidup lainnya, untuk bereproduksi. Virus dapat menginfeksi hewan, tumbuhan, dan manusia.

2.      Apa benar virus dari binatang bisa menginfeksi manusia?

Dr. Peter Daszak, presiden dari EcoHealth Alliance memperkirakan terdapat 1,5 juta virus di alam liar yang belum kita ketahui. Virus corona baru atau SARS-CoV-2 ini sering dikaitkan sebagai virus yang berasal dari hewan, yang diduga kelelawar. Virus baru ini kemudian menyebabkan penyakit bernama coronavirus disease 2019 atau COVID-19.

3.      Apa perbedaan COVID-19, SARS, dan MERS?

Ketiga penyakit ini disebabkan oleh kelompok virus yang sama, yaitu virus corona. Penularan SARS diketahui dari luwak, sedangkan MERS dari unta dan COVID-19 diduga dari kelelawar. Penularan COVID-19 dari manusia ke manusia terjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan SARS dan MERS.

4.      Bagaimana cara penularan virus corona?

Virus Corona menyerang saluran pernapasan dan menyebar melalui droplets atau cairan bersin atau batuk yang masuk ke mata, hidung, atau mulut. Virus ini juga bisa bertahan di permukaan benda selama beberapa jam, sehingga tangan juga bisa menjadi saluran penyebaran virus jika menyentuh wajah. Penelitian membuktikan bahwa orang menyentuh wajah rata-rata sebanyak 23 kali dalam satu jam. Untuk itu, kita perlu rajin mencuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik.

5.      Mengapa cuci tangan bisa mencegah virus corona?

Virus corona memiliki lapisan luar, yang pada dasarnya adalah lemak. Sabun dapat menghancurkan lapisan lemak tersebut. Dengan sabun, kamu bisa merusak lapisan luar dari virus dan air mengalir akan membuangnya.

6.      Apakah ada langkah pencegahan lain?

Selain menjaga kebersihan, kamu juga perlu menjaga kesehatan. Dr. Dinesh Kumar dari Corporate Care FWD Indonesia menganjurkan untuk minum 2 liter air putih per hari, berolahraga untuk melatih jantung dan mempertahankan stamina, dan tidur yang cukup. Gaya hidup yang terstruktur akan membentuk jam biologis tubuh untuk makan, tidur, dan beraktivitas secara teratur. 

7.      Apakah ada cara cepat menangkal virus ini?

Cara terbaik untuk melawan virus adalah vaksin. Sambil menunggu adanya vaksin, kita bisa memperlambat penyebaran virus dengan karantina mandiri atau melakukan physical distancing, seperti menghindari kerumunan, dan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Dengan cara ini, kita bisa membantu tenaga medis untuk bekerja semaksimal mungkin mengobati pasien positif COVID-19.

8.      Apa yang saya butuhkan untuk bertahan di tengah pandemi?

Dalam situasi pandemi, kamu bisa menjaga kesehatan, kebersihan, dan mulai mempertimbangkan perlindungan. Jangan khawatir, Asuransi Bebas Handal bisa didapatkan secara online, tanpa tatap muka dengan agen. Dapatkan perlindungan kesehatan yang lengkap berbasis syariah dengan kontribusi mulai dari Rp75 ribu/bulan. Selama bulan Mei 2020, ada manfaat tambahan sebesar Rp100 juta, berupa manfaat tunai, karantina, dan meninggal jika terdiagnosis positif COVID-19.  Baca selengkapnya di http://fwd.co.id/bebashandal.

 

 

Sumber:

International Journal of Antimicrobial Agents, “Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) and coronavirus diseases-2019 (COVID-19): The epidemic and the challenges”, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/32081636, 17 Maret 2020

Sciencefocus.com, “Coronavirus: Is hand-washing really the best thing we can do to stop the spread of COVID-19”. https://www.sciencefocus.com/news/coronavirus-can-hand-washing-really-stop-the-spread-of-covid-19/, 13 April 2020

Alodokter.com, “Ketahui Perbedaan COVID-19 dengan SARS dan MERS”, https://www.alodokter.com/ketahui-perbedaan-covid-19-dengan-sars-dan-mers, 10 Maret 2020

 Netflix.com, “Coronavirus, Explained: This Pandemic”, 22 April 2020