ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Suka menunda-nunda pekerjaan atau terdistraksi saat bekerja? Kamu perlu kenalan dengan Pomodoro technique! Pomodoro adalah metode pengelolaan waktu yang diciptakan oleh Francesco Cirillo. Teknik ini membagi pekerjaan ke dalam interval 25 menit yang diselingi dengan istirahat singkat. Nama Pomodoro sendiri berarti tomat dalam bahasa Italia, yang mirip dengan timer dapur yang digunakan Cirillo saat bekerja.[1] Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pomodoro Technique dan manfaatnya, simak artikel ini!

 

Step-by-step Pomodoro Technique

Untuk mulai menerapkan Pomodoro Technique, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Tentukan tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan.

2. Set timer atau alarm yang akan menyala setelah 25 menit.

3. Kerjakan tugas hingga timer atau alarm berbunyi.

4. Istirahat selama 5 menit.

5. Ulangi hingga kamu telah melakukan ini sebanyak 4 kali.

6. Setelah interval keempat, kamu bisa istirahat selama 15 hingga 30 menit.

7. Ulangi hingga tugas selesai dikerjakan.[2]

 

Manfaat Pomodoro Technique dalam bekerja

1. Menghindari menunda pekerjaan

Seringkali, kita menunda pekerjaan karena kita merasa punya banyak waktu untuk mengerjakannya. Padahal, terus-terusan menunda pekerjaan hanya akan menghabiskan waktu tanpa menyelesaikan hal yang perlu kita lakukan. Dengan menentukan tugas yang harus diselesaikan dan waktu yang diperlukan, kamu tidak punya alasan lagi untuk menunda pekerjaanmu. [3]

 

2. Mempertajam fokus

Segala pekerjaan dapat dilakukan dengan efektif jika kamu fokus pada tugasmu. Distraksi memang terkadang tidak dapat dihindarkan. Selain itu, pikiran manusia juga didesain untuk selalu waspada terhadap hal-hal lain selain yang sedang dilakukannya.[4] Untuk itu, cobalah untuk fokus bekerja selama 25 menit saja dan ingatkan diri bahwa waktu istirahat selalu ada di setiap akhir sesi.

 

3.Menjaga kesehatan fisik dan mental saat bekerja

Istirahat di antara dua sesi pekerjaan wajib dilakukan untuk recharge tubuh dan pikiran. Manfaatkan waktu istirahat untuk minum air putih atau melakukan stretching atau jalan-jalan sejenak supaya badan kembali terasa segar. Selama istirahat, kamu juga bisa mengecek media sosial ataupun aplikasi pesan instan. Namun, jangan sampai lupa untuk kembali pada pekerjaanmu. [5]Dengan mengelola waktu, kamu bisa menjalani hari dengan lebih efektif dan bebas lakukan yang kamu suka.


Sumber:
[1]
http://www.pomodorotechnique.com/book/

[2] https://francescocirillo.com/pages/pomodoro-technique

[3] https://www.calendar.com/blog/the-benefits-of-the-pomodoro-technique/

[4] https://www.theguardian.com/careers/2016/mar/01/distracted-office-blame-evolution-workspace-design-focus

[5] https://www.calendar.com/blog/the-benefits-of-the-pomodoro-technique/