ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Nomadic Tourism atau Nomadic Travelling punya konsep serupa. Pada intinya adalah liburan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Ini mungkin bisa jadi konsep liburan baru yang bisa kamu coba dengan pasangan. Selain karena liburan itu sendiri yang bisa menyegarkan kembali pikiran serta membenahi mental kita yang terus ditekan oleh rutinitas, nomadic travelling ini punya manfaat lain yang lebih personal untuk kedekatan kamu dengan pasangan. Hmm.. sejauh mana ya?

 

 

i.imgur.com

 

 

Mendekatkan dengan pasangan melalui komunikasi yang lebih intens

Selama menjalani rutinitas masing-masing, waktu yang berkualitas untuk bertemu dan berbincang dengan pasangan tidak terlalu banyak. Biasanya karena sudah lelah, ketika bertemu juga tidak dalam kondisi yang bugar dan masih banyak menempel pikiran tentang pekerjaan dan kewajiban lainnya. Pernah mengalami konflik di weekend saat bertemu dengan pasangan? Bukan rindu yang tersampaikan, justru emosi satu sama lain.

 

Liburan adalah momen menyenangkan dan mengatur kondisi fisik maupun psikismu dengan pasangan dalam set yang baik. Dengan hawa positif ini, harapannya nomadic travelling bisa membantumu menikmati waktu yang benar-benar berkualitas dengan pasangan. Ini termasuk memperbolehkan kalian untuk semakin dekat dan berbincang dengan lebih luwes, mengutarakan perasaan secara lebih terbuka, dan mungkin ada hal-hal lain yang ingin dibahas lebih mendalam. Dalam suasana liburan, emosi kita dapat cenderung lebih stabil dan tenang sehingga dalam menyampaikan maupun menerima informasi baru pun bisa lebih bijak.

 


gapyear.com

 

Belajar banyak hal baru dengan pasangan

Sekalipun hanya sepele, sedikit banyak pasti kita mempelajari hal baru di tempat baru. Betapa menyenangkannya ketika pembelajaran itu dilakukan dengan orang yang kita cintai. Liburan dengan berpindah-pindah tempat ini tentu akan menemukanmu dan pasangan dengan hal-hal yang belum pernah dilihat dan dirasakan sebelumnya.

Inilah keunggulan nomadic travelling dibandingkan dengan liburan menetap. Meski secara fungsional sama-sama belajar di tempat baru, namun kuantitas konten yang dipelajari selama liburan bisa jadi lebih banyak dan lebih bervariasi ketika kamu dan pasangan melakukan nomadic travelling. Masuk akal karena kalian punya fleksibilitas untuk berpindah-pindah tempat secara lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan wisatawan konvensional yang ingin stay di suatu daerah saja.

 

 

gcs.thesouthafrican.com

 

Dari segi budget dan waktu juga lebih murah dan fleksibel

Dalam perencanaan liburan konvensional, perencanaan biayanya pasti memasukkan kebutuhan akomodasi. Ini mungkin menjadi kelemahan liburan cara lama, di mana kita harus mengeluarkan budget lebih untuk penginapan dan transportasi yang tentunya tidak murah. Nomadic travelling dapat menekan biaya pengeluaran dari segi penyediaan akomodasi, karena selama liburan kamu dan pasangan bisa mengandalkan mobil sebagai alat transportasi sekaligus tempat istirahat - persis seperti yang dilakukan oleh Jimmy dan Sabrina tadi.

 

Lalu dari segi waktu, tipe liburan seperti ini juga relatif fleksibel untuk kamu yang tidak ingin terikat dengan aturan check-in dan check-out yang dirasa membuang-buang waktu. Ingin istirahat di suatu tempat ketika baru jam 10 pagi? Bisa. Sudah bosan dan ingin segera pindah ke lokasi lain di jam 5 pagi tanpa harus merasa rugi bayar? Tidak masalah.

 

 

cdn.cnn.com

 

Menguji kekompakkan. Bisakah kalian tetap teguh bekerja sama?

Meski tujuannya senang-senang, sesungguhnya di dalam liburan itu juga ada proses dan dinamika antara kamu dengan pasangan yang bisa menjadi bahan pembelajaran berdua. Komunikasi, berunding, sampai bersepakat untuk menentukan banyak hal terkait liburan ini adalah hal-hal yang kelihatannya sepele tapi punya bobot yang lumayan besar untuk sebuah pembelajaran baru. Di saat kalian berada di wilayah luar domisili dan harus bertahan dengan pasokan bekal yang mungkin terbatas, mungkin juga menemukan kendala-kendala di luar perkiraan yang bisa diantisipasi, semua itu adalah materi belajar baru.

 

Tak perlu takut atau justru mengandalkan emosi. Ingat, liburan juga bagian dari belajar hidup kok. Secuil replika kehidupan berumah tangga yang sarat miskomunikasi bisa saja kalian temukan dari liburan model ini. Siapa yang sangka kalau dari liburan saja bisa membuat kalian belajar banyak hal terkait dengan hubungan jangka panjang?

 

Di antara banyaknya kelebihan nomadic travelling mungkin ada satu hal yang tidak bisa dipungkiri, bahwa liburan dengan model seperti ini mungkin akan melelahkan sebagian orang. Menyesuaikan diri untuk melakukan segalanya di dalam mobil, termasuk istirahat malam, bisa jadi tidak akan terlalu nyaman. Sekalipun nomadic travelling ini menyenangkan, ada baiknya kamu dan pasangan juga menimbang-nimbang kelemahan dari model liburan ini. Kalau tetap penasaran dan ingin mencobanya, boleh-boleh saja. Asalkan juga mempersiapkan amunisi istirahat seperti peralatan tidur (bantal dan guling) serta membekali diri dengan vitamin supaya tubuh tidak mudah lelah atau sakit.