ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Mau tidak mau, suka tidak suka, pada akhirnya kita tetap melakukannya demi sesuap nasi dan bertahan hidup. Biar nggak terasa berat, kami akan pandu kamu untuk melewati step-by-step kembali fokus dan bersemangat menghadapi rutinitas harian setelah sempat kabur dari kenyataan beberapa waktu lalu. Jadi, harus apa saja untuk mengembalikan semangat dan mood bekerja? Simak tips dan triknya berikut ini, yuk!

 

 

aurora.umu.se

 

1. Persiapkan fisik untuk kembali bekerja

Saat merencanakan liburan, pastikan kamu sudah meluangkan waktu untuk beristirahat setidaknya satu sampai dua hari di rumah. Betul, liburan juga bisa melelahkan, loh. Namun,pada prosesnya memang tidak terlalu terasa karena kita sedang dalam fase euforia, sehingga pikiran kita hanya fokus pada hal-hal yang membahagiakan saja. Mengembalikan kondisi fisik yang prima dan siap untuk kembali bekerja, selain dengan beristirahat, adalah juga dengan makan yang sehat dan berolah raga meskipun tergolong ringan. Pada masa transisi seperti ini tubuh membutuhkan waktu untuk penyesuaian, jadi dukung tubuhmu sendiri dengan perbanyak sayur, buah, dan minum air serta jangan langsung dibombardir dengan aktivitas berat, ya.

 

 

usnews.com

 

2. Pasang target rendah untuk hari pertama

Nggak perlu langsung harus selesaikan semua yang tertunda dan target lembur di hari pertama kerja. Baru memikirannya saja sudah membebani. Meskipun dalam konteks bekerja, kamu juga berhak untuk meminta waktu dan menyesuaikan diri lagi.

Memasang target rendah di hari pertama kerja setelah liburan jadi salah satu kunci supaya mood tetap happy. Target rendah yang dimaksud tak pakem pada kerja kelewat santai. Kamu bisa mulai dengan pekerjaan yang ringan-ringan yang harus diselesaikan. Menyusun rencana kerja juga bisa menjadi opsi untuk mempermudahmu dalam menentukan tugas mana yang harus dikerjakan dulu. Yang penting tetap konsisten dalam mengerjakannya ya!

 

 

whitehalloffices.com

 

3. Review kembali pekerjaan yang sempat tertinggal

Hal lain yang nggak kalah penting untuk kamu lakukan di hari pertama kerja setelah liburan panjang adalah melakukan review terhadap pekerjaan yang sempat kamu tinggal. Biasanya kita akan cenderung melupakan pekerjaan apa saja yang kemarin dikerjakan sebelum ditinggal bersenang-senang. Review pekerjaan ini akan memudahkanmu untuk mengetahui peta pekerjaan yang harus diselesaikan dengan deadline dan bobotnya masing-masing. Harapannya, di hari pertama kerja kamu bisa menaikkan mood dengan menyelesaikan tugas secara tepat.

 

 

cms.qz.com

 

4. Ada buah tangan hasil liburan? Bawa dan pajang di meja kantor

Ingatan kita tentang liburan tentu saja masih hangat di hari pertama kembali bekerja. Dalam masa transisi ini, ada baiknya kamu tidak langsung 'meninggalkan' ingatan baik selama liburan di rumah dan hanya mengisi pikiran dengan sederet pekerjaan yang tidak ada habisnya. Kalau kemarin sempat membeli buah tangan yang unik dan bisa dipajang di meja kantor, mengapa tidak dibawa saja?

Kamu juga dianjurkan untuk menata ulang meja kantormu dan melengkapinya dengan pernak-pernik hasil berburu saat liburan kemarin. Ubah cara penataan meja, perbaharui alat tulismu dengan barang-barang yang baru, tempelkan foto-foto liburan dan orang terkasih di area meja kerja. Semua itu ditujukan sebagai stimulus untuk menyemangatimu.

 

expatica.com

 

5. Dengarkan musik favorit

Musik terbukti dapat menaikkan mood seseorang dan menjadikannya lebih baik. Jadi, supaya tidak suntuk dalam bekerja, kamu bisa memasang musik favoritmu dan mendengarkannya sepanjang hari kerja. Genre-nya tidak dibatasi sih, tapi akan lebih baik kalau menyetel musik dengan tempo yang tidak terlalu cepat supaya kamu juga tidak terlalu lelah dalam mendengarkan dan membagi pikiran antara mendengarkan musik atau bekerja.

Kalau kamu tidak sedang memiliki musik favorit untuk didengarkan tetapi membutuhkan musik untuk membantumu fokus, kamu mungkin bisa menikmati musik low fidelity (Lo-Fi) yang banyak ada di situs YouTube. Musik ini memang memiliki kualitas suara rendah seperti suara di pesawat telepon. Akan tetapi, musik ini bisa membantu pikiranmu lebih fokus pada hal-hal yang sedang kamu kerjakan.

 

 

static.independent.co.uk

 

6. Banyak minum air mineral untuk menjaga fokus pikiran

Salah satu faktor yang membuat orang banyak gagal fokus adalah kurangnya asupan air mineral dalam tubuh mereka. Iklan salah satu merek air mineral terkenal di Indonesia itu memang nggak bohong kok. Tubuh yang kekurangan air akan berdampak pada kekentalan darah yang tinggi, di mana darah yang kental ini membuat jantung harus bekerja keras memompa darah yang membawa oksigen serta nutrisi penting untuk otak. Ketika darah yang kental ini sulit mendistribusikan oksigen ke otak, yang kita rasakan adalah kita sulit untuk berpikir jernih maupun fokus. Jadi, supaya tidak hilang konsentrasi di kantor, jangan lupakan kebutuhan air mineral untuk tubuh ya.

 

Kalau punya daya untuk memilih, jelas sebagian besar dari kita akan memilih sesuatu yang menyenangkan seperti liburan. Tapi, kan jelas nggak mungkin karena pekerjaan kita juga hal yang membuat kita tetap bisa bertahan hidup sampai sekarang - kecuali kamu seorang pelancong profesional, beda cerita ya! Nah kalau sudah berhasil move on dari suasana liburan ke profesional kerja, saatnya kita yang ganti mengubah mindset saat bekerja supaya sama enjoy dengan saat liburan. Seperti apa kiat-kiatnya? Tunggu pembahasan kita di artikel selanjutnya ya!