ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Bagaimana cara kerja air fryer?

Teknologi air fryer memungkinkan penggunanya untuk memasak gorengan dengan minyak yang sangat sedikit. Hal ini dilakukan dengan mengatur sirkulasi udara panas di sekitar makanan, sehingga reaksi kimia yang disebut efek Maillard dapat menciptakan tekstur crispy seperti gorengan pada umumnya.

 

Mengurangi konsumsi minyak

Gorengan yang dibuat dengan air fryer disebut-sebut menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan dengan gorengan biasa. Untuk membuat gorengan deep fried, biasanya dibutuhkan 2-3 gelas minyak di atas penggorengan. Untuk membuat masakan yang sama dengan air fryer, minyak yang dibutuhkan hanya satu sendok makan.

 

Membantu mengurangi konsumsi lemak

Gorengan tidak hanya tinggi dalam kandungan lemak, tetapi juga tinggi kalori dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena minyak yang dibutuhkan hanya sedikit, jumlah kalori dan lemak yang terkandung dalam gorengan air fryer lebih rendah daripada gorengan deep fried yang membutuhkan banyak minyak.

 

Menghindari pembentukan senyawa berbahaya

Selain mengandung kalori dan lemak yang tinggi, gorengan juga berpotensi mengandung senyawa berbahaya, seperti akrilamida. 

Menurut International Agency for Research on Cancer, beberapa studi menunjukkan bahwa akrilamida berpotensi menyebabkan kanker. Penggunaan air fryer dapat mengurangi tingkat akrilamida yang ada dalam makanan.

 

Konsumsi gorengan tetap perlu dibatasi

Meskipun air fryer dapat mengurangi sejumlah risiko kesehatan yang berkaitan dengan gorengan, bukan berarti kamu dapat mengonsumsinya secara berlebihan.

Menurut studi yang melibatkan 15.362 orang, kebiasaan mengonsumsi gorengan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sementara studi lain menunjukkan hubungan konsumsi gorengan dengan kanker.

 

Risiko kesehatan bisa saja terjadi akibat makanan. Meskipun memasak dengan air fryer lebih “sehat”, kamu tetap perlu mengatur konsumsi makananmu.


Sumber:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4745522/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25619624

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17616781

http://epic.iarc.fr/research/acrylamide.php

http://epic.iarc.fr/research/acrylamide.php

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25872656

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4579942/