ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Saat ini, sedang marak peminjaman uang online dimana-mana. Banyak aplikasi baru bermunculan untuk menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk meminjam uang online. Pinjaman online seringkali dipilih oleh orang-orang yang sedang memerlukan uang cepat karena proses pencairannya bisa dilakukan dengan segera. Namun ternyata, pinjaman online lebih banyak menimbulkan masalah dan dampak negatif, lho! Apa saja sih masalah yang ditimbulkan dari pinjaman online? Berikut alasan-alasan mengapa sebaiknya kamu tidak meminjam uang di pinjaman online!

1.       Pinjaman online illegal


braze.com

Menjamurnya pinjaman online nggak menjamin bahwa semuanya terpercaya. Negara hanya melindungi pinjaman yang kamu ambil dari pinjaman online legal. Pinjaman online legal merupakan pinjaman online yang telah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sampai sekarang, hanya ada sekitar 60an pinjaman online yang diakui OJK. Kamu bisa melihat daftarnya di website OJK dengan mudah. Kamu juga bisa melaporkan pinjaman online illegal kepada Kominfo agar segera dilakukan penindakan.

2.       Tanda pengenal yang kamu miliki dapat disalahgunakan

unsplash.com

Akun pinjaman online milikmu baru akan aktif saat kamu sudah mengunggah semua data diri. Tanda pengenal pun harus kamu foto atau scan agar dapat dicek oleh pihak pinjaman online. Foto yang sudah kamu sebar kepada pinjaman online bisa disalahgunakan tanpa sepengetahuanmu. Mereka dapat menggunakan gambar tanda pengenal untuk kegiatan kriminal yang merugikan.


3.       Identitasmu nggak terjamin keamanannya


cpomagazine.com

Saat membagikan identitasmu ke media sosial, maka kamu nggak bisa menariknya kembali. Sebaiknya kamu berhati-hati sebelum menunjukkan identitas diri. Identitasmu dapat dijual oleh pihak pinjaman online. Bukan hal baru bagi para pemain bisnis di internet untuk mejual data dari para nasabah. Namun, hal ini seharusnya nggak dilakukan oleh pihak perusahaan karena data konsumen seharusnya dilindungi dan rahasia.


4.       Bunga yang tinggi


techspot.com

Meskipun mengiming-imingi masyarakat dengan tagline bunga rendah, tentu saja yang terjadi di lapangan malah sebaliknya. Seringkali, pinjaman online malah memberikan bunga yang nggak masuk akal. Orang-orang yang berhutang di pinjaman online dengan jumlah sedikit pun harus membayar berkali lipat lebih mahal karena bunga yang tinggi. Sebelum mengajukan pinjaman online, sebaiknya kamu memahami aplikasi pinjaman online yang nggak illegal dan dapat dipercaya.


5.       Teror telepon yang nggak kunjung berhenti


trainerbubble.com

Bukan hal yang aneh jika kamu akan dihubungi oleh pihak peminjam uang saat tagihanmu nggak kunjung dibayar. Namun, jika mengambil pinjaman online, kamu harus sudah siap untuk ditelepon berulang kali, bahkan sebelum tagihanmu jatuh tempo. Terkadang, yang meneleponmu pun nggak menggunakan kode etik perusahaan dan terkesan kasar dalam menagih. Banyak pula kasus dimana keluarga dan teman dari si peminjam bisa ikut dihubungi dan diteror saat kamu telat membayar tagihan.

 

Meminjam uang secara online memang bukan hal yang menyalahi aturan. Namun, nggak semua aplikasi pinjaman online dapat dipercaya sepenuhnya. Itu tadi 5 alasan mengapa kamu sebaiknya nggak meminjam uang di pinjaman online! Bagaimana? Masih ingin mengajukan pinjaman online?