ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Menyeruput dengan suara keras

Banyak negara di dunia yang menganggap makan atau minum dengan berisik adalah manner yang buruk.

Namun, menyeruput dengan suara keras adalah hal yang biasa di Jepang. Alasannya, menyeruput ternyata meningkatkan rasa dari mi yang dimakan.

 

2. Menghormati orang tua

Di Korea, kamu gak boleh mulai makan duluan, sebelum orang tua mengangkat sendok atau sumpit mereka.

Saat ingin mengisi ulang gelas, upayakan untuk mengisi gelas orang lain terlebih dulu ya. Kalau kamu ditawarkan makanan atau minuman, terimalah dengan kedua tanganmu.

 

3. Makan dengan tangan

Kebiasaan makan yang satu ini mungkin dianggap asing oleh negara lain, namun umum di negara kita dan di India!

Pastikan sebelum makan, cucilah tangan dengan bersih dan hanya menggunakan tangan kanan, karena makan dengan tangan kiri dinilai kotor dan tidak sopan.

 

4. Jangan tambahkan keju

Suka nambahin keju parmesan ke pastamu? Nah, para chef di Italia bisa tersinggung loh, jika kamu menambahkan sesuatu lagi ke masakannya.

Khususnya untuk hidangan yang terbuat dari seafood, menambahkan keju adalah hal yang pantang untuk dilakukan.

 

5. Hati-hati dengan sumpit

Kalau lagi makan Chinese food, ada beberapa aturan nih untuk pemakaian sumpitnya. Pertama, hindari menusuk makanan, seperti sate dengan sumpit.

Selain itu, saat meletakkan sumpit, kamu bisa arahkan sedikit ke samping agar tidak langsung menghadap ke orang lain. Hindari juga untuk menancapkan sumpit ke nasi, karena posisi tersebut menyerupai dupa untuk orang mati.

 

6. Mengaduk teh

Di Inggris, ada aturan khususnya loh untuk mengaduk teh. Kamu bisa aduk dengan sendok dari arah pukul 12 ke pukul 6 sebanyak 2-3 kali tanpa menimbulkan bunyi.

Saat sedang tidak dipakai, letakkan sendok teh di piring atau di sebelah kanan gelas.

 

Menarik, kan? Sebelum traveling atau makan bersama orang asing, kamu bisa riset kebiasaan dan tradisinya dulu ya secara online.

 

Kemudahan mengeksplor sesuatu di dunia digital ini juga bisa kamu rasakan saat membeli asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal secara online.

 

Proteksi berbasis syariah dan lengkap ini memiliki manfaat hingga Rp100 juta/tahun dengan kontribusi terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan. Cek selengkapnya di sini!



Sumber :

https://www.tsunagujapan.com/wow_02293/

https://www.thespruceeats.com/korean-table-manners-2118645

https://www.kuali.com/kitchen-inspirations/7-interesting-eating-habits-from-different-cultures/

https://www.escape.com.au/destinations/europe/italy/never-ask-this-in-a-restaurant-in-italy/image-gallery/362419c5962e06e8c45961d68d6a2c8c?galleryimage=2

https://www.chinaeducationaltours.com/guide/culture-chopsticks-etiquette.htm

https://twinings.co.uk/blogs/news/tea-etiquette