ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Sadari apa saja alat mandi yang benar-benar kamu gunakan

 

Sumber: unsplash.com

 

Apakah kamu memiliki berbagai macam jenis pembersih wajah, seperti scrub, hingga sabun muka? Faktanya, orang-orang seringkali nggak menyadari peralatan mandi mana yang benar-benar mereka gunakan. Coba luangkan waktu satu hari untuk menyadari alat mandi mana yang benar-benar kamu pakai dan tuliskan!

 

Saat akan berangkat traveling, kamu hanya perlu membawa alat mandi yang biasa kamu pakai. Jika kamu nggak pernah memakai sabun cuci tangan, jangan membawanya untuk traveling karena akan menghabiskan tempat!

 

2.      Bawalah perlengkapan mandi yang memiliki dua fungsi

 

 

Sumber: yourmileagemayvary.com

 

Untuk menghemat tempat, kamu bisa membawa perlengkapan mandi yang memiliki fungsi ganda. Contohnya, jika kamu memerlukan scrub dan sabun wajah, kamu bisa membawa satu produk yang punya fungsi scrub, sabun wajah, bahkan masker sekaligus. Sekarang perlengkapan mandimu jadi lebih ringan, kan?

 

3.      Siapkan tepak khusus perlengkapan mandi

 

Sumber: unsplash.com

 

Dengan memiliki tepak khusus untuk perlengkapan mandi, barang yang bisa masuk akan menjadi lebih banyak dan nggak makan tempat. Pilihlah tepak yang transparan sehingga nggak membuatmu kesulitan saat mencarinya nanti. Kamu juga bisa memilih satu tepak besar yang memiliki banyak kompartemen. Kamu bisa membagi tiap kompartemen sesuai keperluan. Misalnya, kompartemen makeup, alat mandi, hingga skincare.

 

4.      Bawalah perlengkapan mandi dalam travel size

 

 

Sumber: amazon.com

 

Seringkali yang membuat perlengkapan mandi sulit dibawa kemana-mana adalah karena ukurannya. Kamu bisa mengakalinya dengan membawa travel size dari produk yang kamu gunakan. Saat ini, sudah banyak yang menyediakan parfum hingga sabun muka dengan ukuran travel size yang mudah dibawa kemana-mana.

 

Kamu juga bisa memindahkannnya sendiri. Tinggal membeli jar sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk memberi label pada setiap jar agar kamu lebih mudah menemukan barang yang sedang kamu cari, ya!

 

5.      Jangan membawa peralatan mandi cadangan!

 

 

Sumber: unsplash

 

Jangan pernah membawa barang-barang yang tidak kamu yakini akan terpakai. Barang-barang tersebut hanya akan makan tempat. Jika kamu hanya bepergian selama 2 hari, kamu nggak perlu membawa scrub atau masker. Kamu juga hanya perlu membawa satu varian parfum, shampoo, dan sabun untuk traveling. Jangan membawa banyak karena mereka memiliki aroma yang berbeda, ya!

 

6.      Gantilah kaca dengan kamera handphone

 

Sumber: unsplash.com

 

Kamu nggak perlu membawa kaca saat traveling. Biasanya, di kamar mandi penginapan sudah menyediakan kaca di toiletnya. Bila tidak menemukan kaca, kamu lebih baik menggunakan kamera handphone. Saat ini, kamera handphone bahkan bisa lebih jernih daripada sebuah kaca, lho! Daripada memenuhi tempat, mending kamu tinggalkan kaca di rumah dan mengganti fungsinya dengan kamera handphone.

 

7.      Sesuaikan peralatan mandimu dengan perjalananmu!

 

 

Sumber: rtwgirl.com

 

Hal-hal di atas bisa kamu modifikasi sesuai tujuan perjalananmu. Jika kamu ingin bepergian ke luar negeri dalam waktu lama, tentu kamu membutuhkan masker dan scrub untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, jika hanya pergi selama 1-2 hari, kamu nggak perlu membawa shampoo botol. Kamu bisa menggantinya dengan shampoo sachet yang lebih hemat tempat.

 

Bagaimana? Sudah nggak sabar untuk melakukan perjalanan traveling selanjutnya? Jangan lupa terapkan tips di atas untuk packing perlengkapan mandimu, ya!