ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Hadirnya pandemi COVID-19 telah mengubah dinamika bisnis di seluruh dunia. Ada bisnis yang berjaya, dan ada yang berjuang untuk tetap mempertahankan bisnisnya. Kamu juga bisa tetap mengembangkan bisnis di tengah pandemi dengan strategi yang tepat. Simak tips dari penulis Barbara Weltman, entrepreneur Gary Vee, dan investor bisnis Barbara Corcoran.

 

1. Mulai strategi baru

Investor dari acara Shark Tank, Barbara Corcoran mendorong untuk menggali sumber pemasukan lainnya dengan cara baru, seperti kesempatan untuk menjual langsung ke pelanggan. Menjaga loyalitas juga penting karena mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya 4-5 kali lebih besar dibandingkan mempertahankan pelanggan. [1]

 

2. Belajar menjual di depan kamera

Ketika pandemi membatasi interaksi, kita harus beradaptasi dengan belajar menjual secara efektif di depan kamera, baik untuk kebutuhan video conference ataupun social media. Corcoran menilai, produk yang diperkenalkan dengan baik dapat membuat calon pelanggan ingin melihat dan memilikinya juga. [2]

 

3. Siapkan skenario terbaik dan terburuk

Selama pandemi, Corcoran menganjurkan entrepreneur untuk mempersiapkan skenario terbaik dan terburuk dalam enam bulan ke depan sehingga kamu siap apa pun yang terjadi. Walaupun setiap pengusaha ingin menjaga bisnis dalam jangka panjang, namun strategi terbaik saat ini adalah fokus pada jangka pendek. Kita tidak bisa mengatur apa yang di luar kuasa kita. Untuk itu, kita bisa fokus pada apa yang bisa dilakukan hari ini atau minggu ini. [3]

 

4. Mengandalkan e-commerce

Entrepreneur Gary Vee menilai, e-commerce adalah kunci bisnis di tengah pandemi. Dalam jangka pendek, penjualan bisa meningkat. Dalam jangka panjang, model bisnis ini akan mengubah pola perilaku pembelian. Sebagai contoh, bisnis sayur online mengalami peningkatan sejak pandemi. Kebiasaan untuk membeli secara online akan mendorong pengulangan perilaku ini di kemudian hari. [4]

 

5. Membangun koneksi secara online

Pendiri dari Big Ideas for Small Business, Inc. Barbara Weltman menekankan pentingnya kontak dengan pelanggan tanpa membombardir mereka. Kamu bisa memilih platform, seperti email atau social media (Facebook, Twitter, atau Instagram) untuk membuat customer lebih dekat dengan brand kamu. [5]

Untuk masa depan yang lebih baik, kamu perlu perencanaan bisnis dan tentunya perlindungan.


Sumber:
[1]
https://www.inc.com/graham-winfrey/barbara-corcoran-shark-tank-business-plan-rent.html

[2] https://www.inc.com/graham-winfrey/barbara-corcoran-shark-tank-business-plan-rent.html

[3] https://www.inc.com/graham-winfrey/barbara-corcoran-shark-tank-business-plan-rent.html

[4] garyvaynerchuk.com/why-companies-need-to-lean-into-e-commerce-now-more-than-ever/

[5] https://www.wolterskluwer.com/en/expert-insights/how-to-keep-your-business-afloat-as-the-pandemic-continues-with-barbara-weltman