ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Menabung juga mempermudah hidupmu. Ketika uang bulanan menipis, kamu nggak perlu makan mie instan tiap hari. Selain berbahaya bagi kesehatan, makan mie instan tiap hari juga membuatmu nggak menikmati hidup. Nah, sebenarnya sederhana kok jika kamu ingin memiliki keuangan yang sehat sebagai mahasiswa. Kamu bisa mengikuti 5 tips menabung berikut ini!


1.      Memiliki goal yang memotivasi


wandersmurf.com

Kebanyakan mahasiswa masih berada dalam fase senang-senang. Itu sebabnya, sulit banget untuk menyisihkan uang saku. Kalau memiliki banyak uang saku, kenapa nggak dihabiskan sekalian? Nah, kamu harus mulai belajar menabung dengan memiliki goal yang memotivasi. Misalnya, kamu bisa menabung untuk nonton konser band favoritmu. Kamu juga bisa menyisihkan sebagian uang yang nantinya akan digunakan untuk membeli gadget baru.

 

Jika memiliki goal, mahasiswa akan lebih mudah untuk menabung. Nggak cukup memasang goal, kamu harus memikirkan bagaimana caranya kamu bisa mencapai tujuan tersebut dalam target waktu yang sudah kamu tentukan. Pasang tulisan yang mengingatkanmu pada goal tersebut di tempat-tempat yang mbbudah kamu lihat. Dijamin, kamu akan bisa mencapai goal tersebut jika diiringi dengan niat.


2.      Membuka rekening khusus tabungan


onepoundsomething.com

Sudah berhasil menabung, tetapi tiba-tiba tergoda untuk menggunakannya? Ini saatnya kamu memiliki rekening khusus yang digunakan untuk menabung. Kamu nggak boleh memiliki akses online terhadap tabungan ini. Kamu hanya boleh mengambilnya untuk tujuan yang sudah kamu tetapkan. Pasti malas banget kan kalau harus antri ke bank demi mengambil uang jajan?


3.      Rencanakan pengeluaran dari pemasukan yang kamu terima


bnz.co.nz

Meskipun mahasiswa nggak memiliki uang yang banyak, kamu harus tetap mencatat pemasukan dan pengeluaran yang kamu miliki. Siapa bilang pemasukan sedikit nggak bisa digunakan untuk membeli barang mahal? Justru, kebanyakan orang yang pemasukannya besar seringkali menggunakan uangnya untuk hal-hal remeh yang nggak disadari. Alhasil, mereka nggak memiliki uang untuk membeli barang mahal.

 

Ketika kamu sudah mengetahui pemasukan yang kamu miliki, kamu bisa mulai mengatur pengeluaran. Coba pikirkan pengeluaran apa yang sebenarnya nggak terlalu kamu perlukan. Bagi setiap orang, hal ini bisa berbeda-beda lho! Nggak perlu malu bila kamu nggak bisa merelakan makanan mahal atau ngopi di kafe tiap minggu. Temukan hal yang bisa kamu relakan agar pengeluaranmu nggak membengkak.


4.      Pikirkan berulang kali sebelum membeli sesuatu


jacobsfountain.com

 

Mahasiswa sering banget nih mengeluarkan sesuatu untuk hal-hal yang nggak perlu. Terkadang, hal ini bisa terjadi saat kamu nggak pikir panjang. Mulai sekarang, kamu harus menanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu benar-benar membutuhkan hal tersebut? Jangan sampai kamu terus mengulangi kebiasaan membeli barang yang berakhir nggak terpakai. Meskipun nominalnya nggak seberapa, kalau diakumulasikan bisa kamu gunakan untuk menabung, lho!


5.      Memanfaatkan status mahasiswa untuk mendapatkan diskon


rmit.edu.au

Siapa bilang menjadi mahasiswa nggak bisa berhemat? Justru kamu memiliki hak istimewa yang nggak dimiliki orang lain. Banyak tempat yang memberikan diskon khusus bagi mahasiswa, mulai dari tempat makan, toko buku, bahkan toko baju.

 

Bagaimana? Masih memiliki alasan untuk nggak menabung setelah membaca 5 tips di atas?