ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

“Selalu merasa 24 jam tidak cukup. Boro-boro olahraga, ada waktu untuk makan saja sudah bersyukur.” Itulah permasalahan yang kita hadapi ketika terlalu sibuk dan tidak memikirkan kesehatan. Badan kita terus bekerja selama kita hidup, bahkan di saat kita tidur. Menjaga kesehatan bukan sekadar wacana belaka, karena bagaimana kamu bisa bekerja dan hidup dengan maksimal, jika tubuh akhirnya jatuh sakit? Berikut lima langkah agar kamu bisa mulai memprioritaskan kesehatan badan dan mentalmu.


1. Prioritaskan diri kamu

Mungkin kamu memiliki tanggung jawab untuk menjaga orang tua, anak, atau pasangan. Namun, kesehatan kamu tetap adalah yang utama. Tanamkan mindset bahwa selalu ada waktu untuk menjaga kesehatan dan mengembangkan diri. Kamu bisa memilih satu hal yang ingin kamu ubah dari diri sendiri, seperti ingin lebih sering minum air putih, berolahraga, atau membaca buku. Fokus pada pilihanmu dan jadikan itu sebagai kebiasaan. Setelah menjadi rutinitas, kamu bisa mulai ke hal berikutnya. 


2. Istirahat yang cukup

Jangan paksakan diri untuk terus bekerja ketika lelah. Menurut peneliti dari University of California Sara C. Mednick, tidur siang selama 15-20 menit memiliki manfaat yang luar biasa, seperti mengembalikan sistem tubuh dan meningkatkan performa motorik, seperti mengetik atau bermain piano. Bahkan tidur selama 30-60 menit bagus untuk melatih kemampuan mengambil keputusan. Tidur siang memiliki dampak yang lebih bagus dibandingkan meminum kopi, karena kafein menurunkan performa memori. [1]


3. Menyadari pentingnya jadwal

Mengecek social media secara berkala di tengah jam kerja ternyata bisa mengancam produktivitasmu. Kamu akan terdistraksi dengan notifikasi di gadget-mu dan sulit untuk fokus bekerja. Upayakan untuk hanya membuka social media sebelum dan sesudah jam kerja, atau ketika jam makan siang. Selain itu, cobalah untuk membuat to-do list yang realistis setiap harinya agar kamu tidak merasa terbeban dengan jumlah pekerjaanmu. Jika sudah selesai jam kerja, usahakan untuk tidak mengecek email, dan fokus untuk melakukan hobi atau quality time bersama keluarga.


4. Membangun kebiasaan

Memulai sesuatu itu sulit. Akan tetapi, perubahan harus dimulai dari kemauan untuk menjadi lebih baik. Karena kesehatan adalah prioritas nomor satu, kamu bisa mulai berolahraga sejak kamu bangun di pagi hari, bisa dengan yoga, pilates, senam, atau apapun yang bisa kamu lakukan selama di rumah. Kamu bisa mulai dengan intensitas yang ringan selama 15 menit, dan tingkatkan lagi jika kamu butuh tantangan lebih.


5. Berikan hadiah untuk diri

Tidak mudah untuk mengubah diri walau untuk tujuan yang baik. Namun, kamu sudah berusaha. Manjakan diri dengan hadiah setiap kali kamu membuat kemajuan, misalkan kamu berhasil yoga selama satu bulan atau rutin minum air putih setiap hari! Kamu bisa berikan hadiah untuk diri sendiri, bisa dengan makanan atau minuman kesukaan, pakaian atau sepatu baru.


    Pekerjaan akan selalu ada dan tidak akan ada habisnya jika terus dipaksakan. Utamakan kesehatan dan mulai pertimbangkan perlindungan untuk masa depan dengan Asuransi Bebas Optimal, produk asuransi jiwa yang menyediakan perlindungan jangka panjang dan investasi yang optimal. 100% premi kamu akan diinvestasikan sejak tahun pertama, bebas biaya administrasi, bebas khawatir karena sedikit pengecualian, dan bebas pilih masa pembayaran premi dan Uang Pertanggungan sesuai kebutuhan. Cari tahu lebih lanjut di https://www.fwd.co.id/id/invest/bebas-optimal/.


    Selain itu selama bulan Juni 2020, ada tambahan manfaat khusus COVID-19 hingga Rp100 juta* untuk perlindungan virus corona (COVID-19), berupa manfaat tunai harian, karantina, hingga meninggal dunia jika terdiagnosis positif COVID-19 selama masa periode program* Selengkapnya cek di fwd.co.id.

 

*Syarat & Ketentuan berlaku



Sumber :

[1] https://www.webmd.com/balance/features/the-secret-and-surprising-power-of-naps#1