ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Menikmati suasana yang berbeda dari rutinitas harianmu juga opsi yang tidak buruk untuk refreshing dan melepaskan sejenak penat aktivitas harian. Lagipula, ketika libur HUT RI seperti ini, ada beberapa tempat wisata yang memberikan promo berupa HTM gratis khusus untuk pengunjung yang datang pada hari itu saja. Bisa saja kan ini menggugah niatmu untuk lebih mau mendatangi tempat-tempat wisata seperti ini.

 

 

https://www.indoindians.com

 

Museum dan Landmark Bersejarah di Jakarta

Beberapa museum di Indonesia, khususnya yang berada di wilayah DKI Jakarta, dibuka secara gratis pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Ini juga dilakukan sebagai aksi untuk meningkatkan minat masyarakat mengunjungi museum dan landmark bersejarah lainnya. Wisata ke tempat-tempat bersejarah ini bukan hanya untuk menyegarkan pikiran tetapi juga untuk menambah wawasan mengenai apa yang terjadi di masa lampau, terutama pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia.

 

Museum di Jakarta yang tercatat menggratiskan HTM pada tanggal 17 Agustus antara lain Museum Nasional Indonesia; Museum Basoeki Abdullah; Museum Kebangkitan Nasional; dan Museum Sumpah Pemuda. Selain mengunjungi museum, kamu juga bisa mendatangi landmark lain seperti Taman Proklamator atau Gedung Joeang 45. Area Jakarta merupakan area dengan tempat wisata sejarah serupa museum dan landmark lainnya yang relatif banyak. Kamu tinggal pilih mau mengunjungi tempat yang mana pada HUT RI tahun ini.

 

 

https://sewamobiljogja.id

 

Wisata Alam Cave Tubing di Kalisuci, Gunung Kidul, Yogyakarta

Kurang tertarik dengan wisata sejarah? Turut merayakan HUT RI tak melulu dengan napak tilas sejarah negara kita. Menikmati apa yang menjadi kekayaan alam Indonesia juga bagian dari cara bersenang-senang kita sebagai warga Indonesia. Kalau kamu suka dengan wisata alam, bisa jadi alternatif cave tubing di Kalisuci, Gunung Kidul, Yogyakarta, ini menjadi pilihan wisata yang menarik perhatianmu.

 

Apa yang unik dari cave tubing ini? Kamu bisa melakukan rafting menyusuri sungai Kalisuci yang merupakan sungai bawah tanah. Ada banyak kegiatan serupa di sana. Kalau kamu bosan di area wisata ini pun kamu bisa mengunjungi tempat wisata alam lainnya seperti pantai pasir putih maupun curug atau kawasan air terjun. Gunung Kidul adalah surganya wisata alam di Yogyakarta. Biaya untuk masuk ke area wisata ini pun relatif murah. Lebih dari itu, fasilitas umum dan minimarket 24 jam sudah tersedia. Lengkap!

 

 

https://i.ytimg.com

 

Jawa Timur Park 1, 2, dan 3 di Malang

Arek Malang jangan hanya di rumah saja, ya. Di HUT RI tahun ini, coba main-main ke beberapa tempat wisata unggulan seperti Jawa Timur Park 1, 2, maupun 3. Boleh juga untuk kamu yang berdomisili di sekitar Malang. Tempat wisata yang dikenal dengan istilah JatimPark ini punya suguhan area wisata yang bukan hanya membuat happy tetapi juga belajar.

 

Jatim Park 1 merupakan wahana wisata yang memadukan konsep antara rekreasi dengan belajar. Berbagai macam permainan seperti Roaller Coaster, Flying Tornado, dan Waterboom disediakan di area ini. Selain itu juga terdapat bangunan area belajar seperti Museum Tubuh, Science Stadium, Gedung Theater, dan tentunya area pasar untuk membeli buah tangan. Pada Jatim Park 2, isinya sedikit berbeda dan lebih mirip area kebun binatang. Di sini terbagi menjadi tiga wilayah besar yaitu area Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Eco Green Park. Sebelum kehadiran Jatim Park 3, wisatawan memang lebih condong untuk mengunjungi Jatim Park 2 karena dianggap lebih cocok sebagai wahana wisata yang kompatibel untuk orang dewasa maupun anak-anak.

 

Jatim Park 3 merupakan area yang baru. Di sini mengusung konsep yang memaduka antara masa lalu dengan masa depan. Setidaknya ada enam wahana pilihan yang menjadi unggulan bagi wisatawan yang berkunjung ke JatimPark 3, yakni: Dino Park, Infinite World, The Legend of Star Park, Museum Musik Dunia, Fun Tech Plaza, dan The House of Zombie.

 

 

https://i0.wp.com

 

Lawang Sewu di Semarang

Semarang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi saat libur HUT RI. Di sini ada banyak tempat wisata dengan jarak berdekatan yang bisa didatangi bersama keluarga. Salah satunya adalah Lawang Sewu yang menjadi landmark kota Semarang sekaligus bangunan bersejarah peninggalan pemerintahan Belanda. Dulunya bangunan ini merupakan kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Istilah lawang sewu sendiri mengacu pada bangunan ini yang memiliki banyak sekali pintu dan jendela. Meski jumlahnya sendiri tidak bisa dipastikan ada seribu unit, tetapi memang hampir semua bangunan ini dipenuhi oleh pintu dan jendela.

 

 

https://live.staticflickr.com

 

Eksplor Jalan Asia-Afrika di Bandung

Untuk kamu yang berdomisili di Bandung, jangan khawatir. Kota Lautan Api ini juga terkenal sebagai salah satu kota bersejarah, yang artinya ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi saat hari libur HUT RI di tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Tapi kali ini kami merekomendasikan kamu untuk napak tilas di Jalan Asia-Afrika yang cukup melegenda dalam sejarah bangsa kita.

 

Di jalan ini ada beberapa bangunan bersejarah yang mengacu pada pengalaman dan masa perjuangan di masa lampau, salah satunya adalah Gedung Merdeka yang dulu digunakan sebagai markas pejuang negara kita dalam melawan penjajahan Belanda. Di dekat gedung ini, kamu juga bisa jalan ke Alun-alun Bandung atau mengunjungi Masjid Agung Bandung. Sedikit berbelok ke Jalan Braga, atmosfir suasana artistik yang Bandung banget akan sangat terasa di sana.

 

Referensi tempat wisata di atas mungkin pernah kamu dengar sebagai lokasi terkenal atau landmark dari setiap kota. Supaya lebih afdol kalau memang kamu warga Indonesia, ajak keluarga dan teman-temanmu untuk berkunjung ke tempat ini ya. Masa iya sih warganya sendiri belum pernah ke tempat-tempat bersejarah sedangkan wisatawan mancanegara justru jauh-jauh datang untuk napak tilas di negeri kita sendiri?