ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Membicarakan uang bukan hal yang tabu


media.gq-magazine.co.uk

Topik pembicaraan mengenai uang masih menjadi hal yang jarang dibicarakan. Alasannya, karena banyak orang yang tidak nyaman jika ditanya mengenai kondisi keuangannya. Orang-orang yang merasa boros, tidak ingin dikritik dan diberi nasehat keuangan. Sementara, orang-orang dengan finansial yang lebih baik, cenderung tidak ingin dibilang angkuh dengan membagikan tipsnya dalam menjaga keuangan.

Hal penting tentang keuangan yang jarang orang ketahui adalah kita harus memasukkan topik keuangan dalam pembicaraan sehari-hari. Apabila kita malu dan ingin lari dari kritik, maka kondisi finansial akan terus berada di titik yang sama.


Uang hanyalah alat tukar dan tidak menentukan nilaimu


dollarsprout.com

Jika ingin merubah situasi finansial, terlebih dahulu hal yang harus diubah adalah pola pikir. Banyak orang yang menjadikan uang sebagai alat ukur dalam menilai seseorang. Apabila seseorang memiliki banyak uang maka dianggap lebih baik. Namun, pendapat ini tidak selalu benar. Orang yang memiliki banyak uang pun bisa saja kehilangan seluruh hartanya dalam semalam.

Uang hanyalah alat tukar yang digunakan oleh manusia untuk memudahkan transaksi. Banyaknya uang yang seseorang miliki tidak ada pengaruhnya dengan nilai dan citra dirinya. Jika kamu berhenti untuk berpikir bahwa banyaknya uang menentukan nilai seseorang, kamu akan berdamai dengan dirimu sendiri dan terus bekerja keras, tanpa meremehkan diri sendiri.


Investasi tidak lebih penting dari menabung


freeworldialup.com

Investasi memang lebih menguntungkan daripada menabung. Saat melakukan investasi, uang yang kamu miliki bisa bertambah nominalnya. Namun, berinvestasi tidak cocok dilakukan oleh semua orang, lho! Bila kamu belum mampu untuk berinvestasi secara materi dan mental, lebih baik kamu belajar dari menabung terlebih dahulu. Setidaknya kamu perlu memiliki tabungan dengan nominal lebih dari gaji yang kamu dapatkan selama 6 bulan, sebelum memulai untuk investasi.

Investasi memiliki resiko yang tinggi. Sebaiknya, kamu mempelajari dahulu mengenai jenis investasi yang akan kamu lakukan. Sembarangan berinvestasi, alih-alih bisa membuatmu untung, justru bisa menjadikanmu buntung. Sudah banyak contoh kasus  dimana orang-orang tergiur investasi bodong karena kurangnya pengetahuan. Kamu tidak mau menjadi salah satunya, kan?


Kamu wajib memiliki perencanaan keuangan


turtlemint.com

Banyak orang tidak ingin mencatat pemasukan dan pengeluarannya karena alasan takut. Padahal, semakin kamu membiarkan keuanganmu tidak terkontrol, maka kamu akan semakin rugi dan dampaknya semakin menakutkan. Untuk bisa mencapai stabilitas finansial, kamu harus mulai rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Hal yang tidak kalah penting adalah memiliki perencanaan keuangan. Bila gajimu bertambah, bukan berarti pengeluaranmu juga semakin membengkak. Kamu seharusnya mengalokasikannya ke dalam tabungan atau investasi. Nah, agar bisa lebih baik dalam memutuskan uangmu akan diarahkan kemana, kamu wajib memiliki perencanaan keuangan!


Berhemat tidak selalu menjadi pilihan yang tepat


cdn.dnaindia.com

Berhemat seringkali dijadikan salah satu pelajaran penting tentang keuangan. Sejak kecil, kita selalu diajarkan untuk berhemat dan menabung. Berhemat memang bisa menyelamatkanmu, namun seringkali berhemat menghambat mimpimu. Kamu tetap bisa kok membeli barang-barang mewah dan mahal yang ingin kamu miliki dengan mencari pekerjaan tambahan, atau naik jabatan.

Jika kamu sudah nyaman dengan situasi finansial karena memiliki banyak tabungan dari berhemat, kamu wajib waspada nih! Kamu harus mencoba menaikkan standartmu agar uang yang masuk bisa lebih banyak lagi! Pelajaran keuangan yang mana yang akan kamu terapkan lebih dulu, nih?