ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Wisata horor nyatanya punya daya tarik tersendiri, mulai dari tantangan untuk menguji keberanian seseorang hingga mendapatkan sensasi berbeda karena lokasinya yang anti-mainstream dan kerap dihindari. Nah, berikut 5 lokasi wisata horor di Indonesia yang bisa jadi agenda jalan-jalan tak biasa kamu selanjutnya.

Lawang Sewu


ceritaeka.files.wordpress.com

Berlokasi di Semarang, Lawang Sewu adalah salah satu lokasi wisata horor yang terkenal di Indonesia. Mulanya, gedung ini merupakan bangunan sejarah, tepatnya kantor milik Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Para wisatawan yang berkunjung kerap mengalami gangguan dan merasakan pengalaman mistis. Misalnya, mendengar teriakan, rintihan, tangisan, hingga melihat penampakan noni Belanda. Lokasi yang disebut paling angker dalam bangunan ini adalah ruang penyiksaan bawah tanah. 


Desa Trunyan

 

baligetaway.co.id

 

Melihat langsung jenazah yang dibiarkan begitu saja alias tidak dikuburkan atau dikremasi adalah daya tarik Desa “kematian” Trunyan di Bali. Semua jenazah dibiakan membusuk di kandang yang terbuat dari bambu, sedangkan mayat yang telah menjadi tulang belulang dikumpulkan menjadi satu di tempat lain. Suasana angker di lokasi ini memang cukup kental karena tradisi pemakaman yang tidak biasa.

 

Goa Jepang

 

media.travelingyuk.com

 

Jika kamu berkunjung ke Bandung, cobalah mampir ke salah satu wisata horor Goa Jepang yang cukup populer. Bukan tanpa alasan, suasana mistis bahkan sudah terasa sejak berada di bagian depan goa. Goa ini sendiri sebenarnya salah satu warisan sejarah yang dulunya milik Jepang. Tempat ini dipercaya masih didiami para makhluk astral, misalnya bekas tahanan atau pekerja romusha yang merupakan korban kekejaman penjajah Jepang. Beberapa pengunjung kerap merasakan energi yang kuat seakan diajak melihat kejadian di masa lalu.

 

Taman Alas Purwo


2.bp.blogspot.com

 

Taman Nasional Alas Purwo merupakan hutan hujan dataran rendah yang berlokasi di Banyuwangi. Taman Nasional ini sendiri luas dan kaya akan keragaman flora dan fauna. Namun, di balik keunikannya sebagai wisata alam, Taman Nasional Alas Purwo ini ternyata juga dipercaya sebagai lokasi yang tak kalah horor dan angker. Salah satu sisi misteri yang terkenal dari tempat ini adalah adanya kerajaan jin yang berdiri di sana. Bahkan, lokasi ini dipercaya sebagai pusat berkumpulanya semua jin di tanah Jawa. Tak jarang warga lokal melihat penampakan makhluk halus seperti kuntilanak, genderuwo, atau lainnya.

 

Pantai Pelabuhan Ratu

 

fotowisata.com

 

Berlokasi di selatan pulau Jawa, Pantai Pelabuhan Ratu dipercaya memiliki kisah misteri dan kental dengan nuansa mistis. Terkenal sebagai tempat berdirinya kerajaan Nyi Roro Kidul, lokasi ini juga dipercaya memiliki pintu ghaib alias gerbang masuk bagi para jin. Ada aturan tertentu ketika memasuki wilayah Pantai Pelabuhan Ratu, yakni dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau. Warga lokal percaya jika aturan tersebut dilanggar, maka orang yang melanggar tersebut akan ditarik menuju laut atau singgasana Nyi Roro Kidul.

 

Indonesia memang akrab dengan hal-hal berbau horor, misteri, dan mistis. Selain 5 lokasi di atas, tentu masih ada banyak lagi lokasi-lokasi yang tergolong horror di Indonesia. Namun, sekarang waktunya menantang diri sendiri untuk mampir ke lokasi tersebut. Berani?