ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Kemeriahan ini tentu dapat kita rasakan. Euforianya dapat dilihat dari cara masing-masing kota memiliki agenda dan menatanya pada masa menjelang tanggal 17 Agustus. Kalau ini jadi momenmu untuk berwisata, kamu mungkin bisa menjadikan 5 kota di Indonesia ini sebagai destinasi kota paling meriah saat merayakan 17 Agustus-an.

 

 

https://upload.wikimedia.org

 

Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Ibu kota negara Indonesia ini menempati pertama dalam peringkat kota paling meriah. Ada begitu banyak agenda unik menjelang tanggal HUT RI. Baik pentas seni maupun perlombaan. Salah satu agenda menjelang 17 Agustus yang unik adalah diselenggarakannya lomba Panjat Pinang Massal di area Pantai Karnaval Ancol, Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, bukan hanya satu dua batang pinang yang dipasang, ada sekitar 120 lebih batang pinang yang dijadikan media untuk dipanjat secara bersamaan. Selain lomba panjat pinang massal ini, juga terdapat Pawai Seni Akademi Polisi yang diisi oleh anggota Marching Band Akademi Kepolisian di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Selain pawai yang dibawakan anggota Akpol, pentas seni berupa tari-tarian khas daerah di Indonesia juga ditampilkan pada acara yang sama untuk semakin membuat meriah perayaan HUT RI.

 

 

https://media.beritagar.id

 

Surabaya

Kalau kamu tidak tahan untuk berlama-lama di Jakarta, maka kamu bisa menjadikan Surabaya sebagai opsi kedua untuk mendapatkan momen kota paling meriah pada momen 17 Agustus setiap tahunnya. Surabaya sendiri dikenal sebagai salah satu kota bersejarah terutama terkait dengan perjuangan Arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan Indonesia dari kedudukan penjajah Hindia Belanda.

Di Surabaya, cara pemerintah dan warganya merayakan HUT RI relatif lebih unik dan modern dibandingkan kota sebelumnya. Di sini terdapat kegiatan membuat Proklamator Motion Pixel Art yang melibatkan ratusan dosen dan mahasiswa dengan membawa potongan kertas membentuk wajah Ir. Soekarno dan juga bendera Merah-Putih milik Indonesia. Hal ini tentunya membutuhkan persiapan yang tidak sebentar dan mudah sehingga kami menganggap ini sebagai bagian dari cara kota tersebut merayakan HUT negara secara unik.

 

 

http://palukota.go.id

 

Palu

Sedikit bergeser lebih jauh, kota yang tidak kalah niat dalam membuat acara yang relatif unik dan meriah saat 17 Agustus adalah kota Palu yang berada di Sulawesi Tengah. Mirip-mirip dengan agenda di Jakarta, di sini warga setempat punya tradisi yang relatif unik yakni menggelar lomba Panjat Pinang namun berlokasi di Pantai Talise.

Lomba panjat pinang di laut ini tentunya punya sensasi tersendiri. Tidak seperti panjat pinang pada umumnya yang memanfaatkan dataran seperti sawah atau lapagan, panjat pinang yang dilakukan di laut menambah tantangan tersendiri bagi pesertanya yaitu karena terdapat sensasi ombak dan tentunya peserta sudah harus siap berbasah-basahan dengan air laut. Meski terdengar berbahaya, namun peserta lomba panjat pinang di laut ini bahkan juga diisi oleh anak-anak sebagai pesertanya.

 

 

http://www.infopublik.id

 

Padang

Alternatif kota paling meriah saat merayakan 17 Agustus selanjutnya ada di Padang, Sumatera Barat. Bukan dengan perlombaan seperti yang dilakukan kota-kota lain, di sini terdapat festival pagelaran busana aliasan Fashion Show hasil kolaborasi para desainer bertemakan Indonesia. Pagelaran bertajuk Minang Fashion tersebut tidak sekadar memperlihatkan baju daerah tetapi juga kreasi unik berpadu dengan riasan muka yang tidak sederhana.

Padang sendiri juga menjadi kota alternatif untuk didatangi bukan hanya karena pagelarannya yang unik tetapi kota ini juga salah satu kota wisata terbaik di Indonesia. Apalagi kalau kamu menyasar wisata kuliner, kota ini punya beragam kuliner pilihan yang wajib kamu coba. Pemandangan alam dan beberapa tempat wisata sejarahnya juga tidak kalah menarik.

 

 

http://pn-pasuruan.go.id

 

Pasuruan

Kalau kamu ingin agenda yang lain dari yang lain, kamu mungkin harus coba ke Pasuruan untuk melihat agenda tahunan yang cukup meriah setiap kali menjelang tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Di sini ada agenda rutin Karapan Sapi yang digelar setiap tahun. Jadi, bukan hanya manusianya saja yang mengikuti lomba, sapi-sapi di Pasuruan juga merasakan hal yang sama loh.

Tentu saja sapi-sapi yang digunakan untuk perlombaan ini bukan sapi biasa. Sapi Sakera menjadi jenis sapi yang umum diandalkan warga Pasuruan ketika mengikuti perlombaan adu cepat lari sapi secara berpasangan. Yang unik, meski hadiah yang diperebutkan relatif tidak terlalu mahal, tetapi perlombaan Karapan Sapi ini membawa gengsi tersendiri bagi pemilik Sapi Sakera yang mengikutsertakan hewan ternak mereka.

 

Wuih, unik-unik ya cara setiap kota memeriahkan HUT RI setiap tahunnya? Antara satu kota dengan kota lainnya tentu memiliki tradisinya masing-masing. Beberapa kota di atas hanya segelintir dari contoh kecil kota yang mengadakan perayaan meriah dan unik ketika akan merayakan hari jadi negara kita. Mungkin di daerah tempat tinggalmu juga memiliki tradisi unik yang tidak kalah meriahnya dalam masa menjelang 17 Agustusan? Boleh loh untuk saling berbagi cerita melalui kolom komentar di bawah ini.