ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ironisnya, hasil pembuangan pakaian semakin bertambah, seiring berubahnya gaya antara tahun ini dan tahun sebelumnya, bulan ini dan bulan depan, atau bahkan esok dan hari ini. Ini dia yang membuat  banyak  kampanye  membeli  pakaian  preloved  semakin  digalakkan  di  banyak  tempat. Sudah  banyak  tempat  yang  menjadi  wadah  dijual-belikannya pakaian bekas pakai,    baik secara online dan di real life. Mereka bisa ada karena memang problematika konsumsi fashion yang makin menjadi - jadi di tingkat global.

 

 

Membeli  dan  memakai  baju preloved tidak seburuk itu kok. Tidak ada perbedaan. Banyak baju preloved  dengan  kualitas  bagus yang berbonus cukup trendi sampai-sampai tidak kentara jika ia adalah sebuah baju bekas pakai.  Menarik bukan?

Untuk   kamu   yang   sudah   expert   ataupun   masih   pemula   dalam   bidang   membeli   baju per-preloved-an, ini dia beberapa tips yang butuh kamu perhatikan saat membeli baju - baju dengan predikat preloved.




https://sporteluxe.com

 

 

 

Sebelum membeli, kenali baju preloved ​dengan baik

Penting  untuk  tahu tentang kondisi baju bekas yang akan kamu beli. Rata - rata sudah dipakai berapa kali oleh pemilik adalah salah satu hal penting yang sangat cocok untuk berkenalan dengan baju yang akan kamu beli tersebut. Saat membeli di toko, kamu bisa bertanya pada pramuniaga tentang  kondisi  kelayakan  baju  tersebut.  Dan  jika  membeli  via  online,   biasanya  penjual  akan mencantumkan kondisi pakaian yang dijualnya.  Entah itu sekali dua kali pakai,  atau lebih dari itu. Jika memang belum tercantum, kamu bisa menanyakan pada penjual sesuai kebutuhan. Mengenal baju  preloved  yang  akan  kamu  beli  ini  merupakan  hal  yang  wajib  kamu  lakukan  agar  kamu mendapatkan yang benar - benar sesuai dengan apa yang kamu cari. Selain itu, kondisi kelayakan ini juga sangat berpengaruh pada harga jual produk tersebut. Mulai sekarang, cermati baik - baik ya baju preloved yang akan kamu beli.

 


 

https://cdn-image.realsimple.com

 

 

Kenali penjual

Tidak  cuman  tentang  baju  yang  dijual,  tapi  juga  penjualnya.  Adalah  hal  penting  untuk  tahu, penjual seperti apa yang sedang menjual pakaiannya padamu.  Jika membeli barang preloved dari orang terdekat, kenali orangnya supaya kamu mendapatkan keyakinan tentang baju yang nantinya akan  kamu  beli.  Pastikan  orang  terdekatmu  itu  benar  -  benar  terpercaya  untuk  menambah keyakinan  mu.  Bagaimana  dengan  pembelian  via  online? Kamu bisa langsung mengecek review


pembeli sebelumnya tentang baik buruknya produk yang mereka beli. Bandingkan antara ulasan baik dan jelek, karena pembeli sebelumnya sudah memiliki pengalaman mendapatkan barang yang dibeli,  sedangkan  di  sisi  lain,  pengalaman  tersebut  tidak  kamu  miliki. Selain review, perhatikan rating yang diberikan pada penjual untuk mengerti apakah penjual itu bisa dipercaya atau tidak. Tips bonus lainnya adalah jangan pernah melewatkan hasil jepretan konsumen akan produk yang mereka  beli.   Ini  karena,  foto  yang  mereka  ambil  biasanya  nyata  tanpa  embel  -  embel  editing berlebihan. So, take your time.

 

 

https://s3.amazonaws.com

 

 

Research ​harga

Meskipun  sedang  membeli  pakaian  preloved,  kamu  juga  mesti  mengecek  harga  pasaran  untuk pakaian tersebut. Harga dari produk aslinya juga akan membantumu dalam menimbang, apakah kondisi  pakaian  dan  harga  sudah  saling  oke  dan  bisa dibungkus? Atau justru penjual memberi harga   yang   keterlaluan  yang  bahkan  hampir  mirip  beberapa  digit  dari  harga  asli?  Untuk mendapatkan  pertimbangan  terbaik,  research  harga  adalah  kunci  andalan  yang  harus  kamu lakukan. Tapi kamu-nya juga jangan keterlaluan dalam menawar harga ya. Selain diri sendiri, kamu juga harus tetap mempertimbangkan orang di sekitarmu yang dalam hal ini adalah si penjual.

 

 

https://cdn.shopify.com

 

 

Pahami daya tarik tersembunyi dalam baju preloved​ yang sedang dijual

Tidak  semua baju bekas adalah baju usang nan ketinggalan zaman loh. Bisa saja si pemilik baju sebelumnya ingin menjualnya karena kekecilan atau memang tidak sesuai dengan seleranya yang sudah berubah. Ini gunanya memahami daya tarik tersembunyi dari baju preloved yang akan kamu beli.  Siapa  sangka  kamu  malah  mendapatkan  baju  vintage  kekinian  yang  benar  -  benar  100% seleramu?  Who  knows?  Tapi  sekali  lagi,  barang  bagus  akan  dijual  dengan  harga  sepadan.  Jika memang baju preloved yang kamu segani benar - benar punya unsur vintage di dalamnya, biasanya pakaian itu akan dibanderol dengan harga agak mahal dari baju preloved sebanyanya yang mungkin tidak  punya  nilai  sama  seperti  baju  tersebut.    Jadi,  siapkan  uang  lebih  ya.  Siapa  tahu  kamu ketemuan sama baju dengan deskripsi tersebut.

 

 

Buat kamu yang masih ragu tentang gagasan belanja baju preloved, kamu harus menyimak sedet manfaat  yang  terkandung dalam kegiatan ini. Sebut saja menghemat uang, karena baju preloved biasanya murah meriah dan memanjakan kantong. Manfaat selanjutnya, kamu juga bisa memberi kehidupan  kedua  bagi  pakaian  preloved  yang  kamu  beli.  Memberi  kehidupan  kedua  sembari mengurangi   limbah   pakaian   yang   dari   tahun   ke   tahun   semakin   memprihatinkan.  Sangat menyenangkan bukan? Jadi, yuk cobain sensasi belanja pakaian preloved!