ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Bagi kamu yang ingin travelling dengan budget yang terbatas, penginapan tentu menjadi salah satu pertimbangan. Pasalnya, jika menginap di hotel, dana yang keluar cukup terasa mencekik bukan? Tenang, ada pilihan menginap yang nyaman dengan budget murah meriah buat kamu para backpacker, yaitu dorm hostel.

 

Umumnya dorm hostel ini menyediakan fasilitas menginap beramai-ramai dalam satu ruangan dengan sesama pelancong lainnya. Bentuk tempat tidurnya pun beragam, ada yang berupa tempat tidur bertingkat (bunk bed) atau pun kamar kapsul tertutup.

 

Jika menginap di dorm hostel, kamu harus bersiap-siap tidur bersama dengan orang lain ya. Bisa jadi sekamar dengan orang berjenis kelamin sama, atau bahkan berbeda. Tak hanya dengan sesama orang Indonesia, tapi juga besar kemungkinan kamu bertemu dengan turis-turis mancanegara saat di dorm hostel.

 

Nah untuk menjaga kenyamanan bersama, sebelum menginap di dorm hostel, pahami dulu lima hal ini:

 

Jangan menimbulkan suara berisik

 

©pexels

 

Meski tidak datang seorang diri alias bersama teman-teman, pahamilah bahwa kamu tidak menyewa penginapan secara pribadi. Jadi, jagalah ketenangan agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain yang ingin beristirahat atau memiliki waktu pribadinya.

 

Jaga sendiri barang bawaan

 

©Shutterstock

 

Namanya menginap bercampur dengan orang lain, kita tidak bisa serta-merta mempercayai semua hal bakal aman-aman saja. Khususnya barang bawaan. Jagalah sendiri barang bawaanmu sebaik-baiknya. Jika perlu, amankan tas dengan kunci dan gembok atau manfaatkan fasilitas loker dan penitipan yang biasanya disediakan di setiap penginapan.

 

Akrab boleh, tapi jangan campuri urusan orang lain

 

©Shutterstock

 

Menginap di hostel artinya kita bakal bertemu dengan orang-orang asing. Dari berbagai penjuru bumi, bahkan. Oleh karena itu, hormatilah masing-masing budaya. Saling sapa dan tersenyumlah saat bertemu. Ajak mengobrol ringan boleh, tapi jangan sampai mencampuri urusan orang lain. Apalagi sampai menimbulkan konflik.

 

Kenakan pakaian yang nyaman

 

©Pexels

 

Penting banget memakai pakaian yang nyaman saat berlibur. Tapi kenakan pakaian yang tak hanya nyaman untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Jika tidur dalam ruangan dorm bersama orang banyak, apalagi lawan jenis, sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan aman untuk diri sendiri.

Jangan tinggalkan sampah pribadi

 


©Shutterstock

 

Tak ada yang suka jika harus membersihkan sampah orang lain, sekalipun ada petugas yang memang membersihkannya. Sebaliknya, malu bukan rasanya jika meninggalkan sampah begitu saja dan terkesan jorok? So, jangan tinggalkan sampah pribadimu ya. Buang ke tempat sampah atau sediakan kantong khusus untuk menampung sampah sebelum dibuang. Sampahmu adalah tanggung jawabmu.

 

Itu dia lima hal yang harus kamu pahami saat menginap di dorm hostel. Pastikan tak hanya diri sendiri yang nyaman dan aman, tetapi juga orang lain. #BeraniBeda dengan mencicipi menginap di dorm hostel? Selamat berlibur!