ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Darimana sih penghargaan ini diperoleh? Selain dinilai oleh tim di dalam penyelenggara acara, para fans di Korea Selatan juga dapat berpartisipasi lewat sistem voting. Ada pula beberapa acara Music Awards yang memungkinkan fans internasional untuk dapat melakukan voting, lho! Kpopers, kamu wajib tahun nih acara Music Awards apa saja yang akan digelar akhir tahun nanti. Berikut 5 acara Music Awards tahunan di Korea Selatan yang wajib kamu tonton!


1.      Asia Artist Awards (AAA)


billboard.com

Seperti namanya, Asia Artist Awards adalah ajang penghargaan bagi artis-artis Asia. Nggak hanya dalam bidang musik, Asia Artist Awards juga memberikan apresiasi bagi artis di bidang film dan televisi. Acara ini baru digelar sejak tahun 2016. Penyelenggaranya adalah Koran Bisnis Korea Selatan, Money Today.

 

Acara ini biasa dipandu oleh Idol Kpop sebagai pembawa acara. Banyak penghargaan yang diperebutkan untuk berbagai kategori. Mulai dari Rookie of The Year, sampai penghargaan tertinggi, yakni Daesang (Grand Prize). Pada acara yang terakhir diadakan tahun 2018 lalu, penghargaan Daesang di bidang musik dibawa pulang oleh boy band BTS. Tahun ini, Asia Artist Awards 2019 akan diadakan pada tanggal 26 November. Jangan lupa catat tanggalnya, ya!

 

2.      Melon Music Awards (MMA)


koreaboo.com

Melon Music Awards bisa dibilang sebagai ajang penghargaan musik paling bergengsi di Korea Selatan. Pasalnya, penghargaan yang sudah diadakan sejak tahun 2005 ini, diatur oleh LOEN Entertainment yang memiliki layanan musik online, Melon. Melon adalah layanan musik online nomor satu di Korea Selatan. Musisi Korea Selatan selalu berebut tempat untuk berada di deretan 100 lagu populer yang didengarkan oleh warga Korea Selatan via aplikasi satu ini.

 

Untuk menentukan pemenang di setiap kategori, Melon Music Awards mengandalkan data penjualan digital dan voting secara online. Masyarakat non Korea Selatan juga bisa melakukan voting, lho! Tetapi bahasa yang bisa dipilih hanya bahasa Korea saja sehingga jika kamu nggak bisa berbahasa Korea, maka akan menemukan kesulitan untuk voting. Tahun ini, Melon Music Awards akan diadakan tanggal 30 November 2019. Wah, sebentar lagi, nih!

 

3.      Mnet Asian Music Awards (MAMA)

 

teen.co.id

MNet Asian Music Awards pertama kali digelar tahun 1999. MAMA adalah ajang bergengsi bagi musisi serta aktor di Korea Selatan. Acara ini pernah dihadiri oleh Super Junior, TVQX, Girl’s Generation, hingga Big Bang. Acaranya biasa dibawakan oleh nama-nama kondang dari Negeri Gingseng tersebut. Contohnya adalah Park Boo-gum dan Song Joong-ki yang menjadi pembawa acara pada MAMA 2018.

 

MAMA 2019 akan segera diadakan pada 4 Desember 2019, nih. Sudah siap untuk melihat idolamu dalam acara ini?


4.      Seoul Music Awards


dailyexo.tumblr.com


Seoul Music Awards adalah ajang penghargaan yang diadakan sejak tahun 1990 di Korea Selatan. Tahun 2019 ini, BTS mendapatkan penghargaan Daesang yang tahun sebelumnya juga dibawa pulang oleh idol group yang sama. Acara ini merupakan pagelaran besar yang akan mengundang banyak idol Kpop populer. Sudah siap untuk menantikannya pada Januari 2020 mendatang?

 

5.      Golden Disc Awards (GDA)



pinterest.com

Diadakan sejak tahun 1986, Golden Disc Awards digelar oleh Asosiasi Industri Musik Korea Selatan. Tahun 2019 lalu, penghargaan Song of The Year dibawa pulang oleh IKON dengan lagunya, ‘Love Scenario’. Golden Disc Awards yang ke – 33 akan segera diadakan pada Januari 2020 mendatang, nih. Jangan lupa nonton, ya!

 

Dari kelima acara music awards tahunan di Korea Selatan, yang mana sih yang menjadi favoritmu dan paling ditunggu-tunggu?