ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Sejak pandemi COVID-19 menerpa, banyak kantor mulai menerapkan kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Buat kamu yang sudah terbiasa bekerja di kantor, mungkin WFH terasa asing dan membingungkan. Jangan khawatir, karena dengan adaptasi yang baik, kamu akan dapat merasakan banyak manfaat dari bekerja di rumah. Salah satunya adalah mengurangi jumlah pengeluaran sehari-hari kamu secara drastis. WFH adalah kesempatan bagus untuk berhemat dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Apa saja pengeluaran yang bisa kamu kurangi dengan bekerja di rumah? Simak di artikel ini!

 

Menghemat biaya transportasi

Dengan bekerja di rumah, pastinya kamu nggak keluar uang untuk biaya transportasi ke kantor. Kalau kamu terbiasa bepergian dengan kendaraan pribadi, banyak banget pengeluaran yang akan berkurang dengan WFH. Tidak hanya biaya bensin, tetapi juga maintenance kendaraan, biaya tol, hingga biaya parkir. Meskipun kesannya tidak terlalu mahal, biaya tol dan parkir yang setiap hari dibayarkan ternyata lumayan jika dijumlahkan selama sebulan. Biaya commuting dengan kendaraan umum atau ojek online untuk ke kantor juga akan berkurang drastis, atau bahkan terpangkas habis. Dengan begitu, budget transportasi bisa kamu alihkan untuk hal lain, seperti proteksi dalam bentuk dana darurat dan asuransi.  


Menghemat biaya makan siang

Saat bekerja di kantor, godaan makan siang di luar bersama teman dan keinginan buat coba-coba restoran baru memang nggak bisa dihindarkan.  Belum lagi keinginan untuk jajan berbagai snack dan kopi yang sering muncul saat sedang jenuh bekerja. Biaya makan di luar kali ini bisa ditekan selama bekerja di rumah. Kamu dapat berhemat dengan memasak sendiri. Manfaatkan waktu bekerja yang lebih fleksibel untuk mencari bahan makanan dengan harga terjangkau dan praktis untuk dimasak. Hal ini berlaku juga untuk kopi. Dengan membeli kopi kemasan berukuran besar untuk diminum di rumah, harga per gelasnya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan kopi di coffee shop atau mall.

Menghemat biaya hiburan

Karena wajib di rumah aja, kita telah menghemat biaya untuk makan-makan di kafe favorit atau nonton live music! Tidak ada lagi acara sosial setelah bekerja seharian. Sebagai penggantinya, kita bisa menonton acara live di Instagram, streaming series terbaru, atau mencari tutorial hal-hal yang menarik untuk kamu! Selain menghemat biaya nge-mall, kamu juga menambah skill baru selama masa di rumah aja!

 Menghemat waktu

Bekerja dari rumah memungkinkan kamu untuk menghemat sesuatu yang nggak bisa dibeli dengan uang, yaitu waktu. Dengan jam kerja yang lebih fleksibel dibanding bekerja di kantor, kamu dapat meningkatkan efektivitas waktu yang kamu miliki. Manfaatkan waktu luangmu untuk melakukan sendiri hal-hal yang selama ini kamu beli dari penyedia jasa, misalnya mencuci mobil, laundry, atau membersihkan rumah! Dengan cara ini, kamu sudah berhasil menghemat waktu sekaligus uang!

 

Walaupun adaptasi dari kerja kantoran ke bekerja di rumah membutuhkan waktu, usahakan untuk fokus pada hal-hal positif yang akan kamu dapatkan. Dengan berhemat secara bijak hari ini, kamu telah berkontribusi pada keamanan kondisi finansialmu di masa depan.


Mumpung bisa menghemat banyaknya pengeluaran rutin selama WFH, sekarang sudah saatnya kamu mulai mempertimbangkan budget untuk hal yang penting, seperti perlindungan. Pandemi COVID-19 tidak mengenal usia dan waktu. FWD Life siap melindungi kamu dengan berbagai pilihan kebutuhan perlindungan hingga investasi sesuai dengan kebutuhanmu. Segera hubungi Agen Tenaga Pemasar FWD Life untuk informasi seputar produk yang FWD Life miliki.