ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Bukan hanya sekadar tren, lifestyle yang kini banyak diminati millennial ini mengajarkan kamu untuk tidak konsumtif alias membeli barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan. #BeraniBeda menerapkan gaya hidup minimalis? 4 buku ini bakal semakin memotivasi kamu nih!

Seni Hidup Minimalis – Francine Jay


©Gramedia

Dalam buku ini, Francine Jay berusaha memaparkan banyak pandangan baru soal konsep hidup minimalis. Prinsip hidup minimalis dijelaskan dengan detail. Mulai dari gambaran hidup minimalis dengan sedikit barang bisa bikin hidup lebih sedikit stres, karena kamu nggak perlu menghabiskan waktu untuk merawat, membersihkan, atau mengaturnya secara rutin.

Buku ini terdiri dari beberapa bagian, yang pertama adalah prinsip hidup minimalis. Sementara bagian kedua adalah metode STREAMLINE, satu dari sepuluh metode yang bikin rumah tetap rapi. Dalam bagian ketiga, kamu akan menemukan pembahasan tentang langkah khusus menangani setiap bagian dalam rumah. Lalu di bagian terakhir, kamu akan ditunjukkan tentang bagaimana hidup minimalis dapat membantu menyelamatkan kelestarian bumi untuk generasi selanjutnya.

Chicken Soup for The Soul: The Joy of Less – Amy Newmark & Brooke Burke-Charvet



©amynewmark

Chicken Soup for The Soul menjadi buku paling rekomendasi buat yang sedang butuh motivasi. Dalam seri kali ini, The Joy of Less berusaha membawa cerita dan pengalaman orang-orang yang berusaha hidup dengan penuh kecukupan. Buku ini berusaha mengajak pembaca untuk memperbaiki kehidupan mereka dengan menyingkirkan semua barang yang ada di rumah hingga seminimal mungkin, pindah ke rumah yang lebih kecil, berusaha berkata ‘tidak’ pada hal yang nggak diinginkan, memangkas jadwal padat yang dimiliki, hingga memutuskan untuk tidak terhubung sejenak dengan smartphone. Berani mencoba?

The Life Changing Magic of Tidying Up - Marie Kondo



©konmari

Konsultan gaya hidup minimalis asal Jepang, Marie Kondo, memberikan ide-idenya lewat buku ini yang membuatmu berpikir ulang tentang hidupmu sekarang. Buku ini nggak hanya sebatas mengajari kamu untuk menata ulang barang-barang yang dimiliki. Tapi juga menanamkan prinsip mendasar tentang apa yang sedang kamu putuskan untuk miliki, yang mana hal tersebut akan berpengaruh pada cara hidup serta perspektif dalam memandang sesuatu. Nggak pernah kebayang kan kalau ternyata kebiasaanmu memutuskan untuk memiliki sesuatu ternyata punya pengaruh besar untuk kehidupanmu secara menyeluruh?

Goodbye, Things - Fumio Sasaki



©apartmenttherapy

Buku ini nggak hanya mengajarkan teori. Fumio Sasaki benar-benar menerapkan seni hidup minimalis dan berbagi pengalamannya lewat buku ini. Menurutnya, hidup minimalis sudah membuka pikirannya dan membuatnya lebih bahagia dalam menjalani hidup. Ada beberapa quote penuh makna yang bisa ikut membuka pikiranmu juga.

Buku ini sendiri dibagi menjadi beberapa part. Mulai 55 tips yang dapat membantumu mengucapkan selamat tinggal pada barang-barang yang dimiliki, 15 tips untuk melanjutkan perjalanan minimalis ke tahap selanjutnya, dan 12 perubahan yang terjadi dalam hidupnya setelah dia mengucapkan selamat tinggal pada banyak barang.

Jika selama ini kamu merasa stres karena memiliki terlalu banyak barang, mungkin beberapa buku di atas bisa kamu baca untuk belajar hidup lebih minimalis. Tertarik mencoba?