ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Susi Pudjiastuti

Sosok wanita yang satu ini sudah tak asing lagi karena sering diulas media sejak menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019. Ibu Susi, sapaan akrabnya, memang dikenal dengan gayanya yang nyentrik. Lihat saja outfit yang digunakan untuk berdinas, seakan mencerminkan karakter Menteri Susi yang tough dan bold.


©Instagram/susipudjiastuti115

Misalnya saja saat sedang mencoba kapal selam terbaru milik TNI, KRI Nagapasa. Menteri Susi menggunakan setelan hitam lengkap dengan rompi, topi baret, dan kacamata hitamnya yang memang cocok digunakan untuk menjalankan tugas di perairan Indonesia.

Meskipun sering tampil nyentrik, tapi bukan berarti Ibu Susi tak pernah tampil cantik. Coba saja lihat fotonya menggunakan kebaya dan sanggul. Memancarkan kecantikan alami khas wanita Indonesia, kan?

©Instagram/susipudjiastuti115

Selain gayanya yang unik, Ibu Susi juga dikenal dengan aksinya yang tergolong ‘berani’. Salah satunya yang fenomenal adalah penenggelaman kapal illegal fishing di perairan Indonesia. Meskipun banyak menuai pro dan kontra, tapi hal ini nggak membuatnya gentar karena baginya merupakan cara efektif untuk melindungi kekayaan laut Indonesia.

Tri Rismaharini

Warga Surabaya pasti bangga memiliki walikota seperti Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Bu Risma. Sosok yang satu ini dikenal dengan gaya kepemimpinannya yang tegas untuk membangun kota Surabaya. Bicara soal gaya sehari-hari, walikota yang satu ini memang lebih banyak menggunakan kombinasi hijab, kemeja, dan celana panjang yang membuatnya bebas bergerak dalam menjalankan tugas. Tapi dalam beberapa acara formal, Bu Risma juga bisa tampil elegan dengan kebaya dan rok batik.


©Instagram/trirismaharini

Selama memimpin Surabaya, Bu Risma sudah menuai banyak pujian. Tak hanya itu, kemampuannya dalam membangun Surabaya mengantarkan Bu Risma meraih berbagai prestasi internasional. Gaya kerjanya juga terbilang unik. Meskipun menjadi walikota, tapi wanita yang satu ini nggak ragu untuk terjun ke lapangan secara langsung.


©Instagram/trirismaharini

Faye Simanjuntak

Wanita yang satu ini memang bukan pejabat negara seperti Menteri Susi atau Walikota Risma. Tapi, perannya dalam masyarakat sangat besar bahkan menginspirasi. Bayangkan saja, sejak usianya 11 tahun dia sudah aktif memerangi kejahatan terhadap perempuan dan anak, seperti kekerasan dan human trafficking. Faye bahkan memiliki sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada masalah tersebut, yang diberi nama Rumah Faye.


©Instagram/rumahfaye

Jika bicara soal gaya, Faye memang tidak beda dengan anak remaja seumurannya yang lain. Kombinasi t-shirt, celana jeans dan sneakers termasuk salah satu yang sering digunakan untuk kegiatannya sehari-hari. Pembawaannya yang santai dan ceria juga menjadi poin plus tersendiri.


©Instagram/rumahfaye

Usianya memang masih sangat muda yang membuat Faye sering disepelekan. Tapi, semangat dan kepeduliannya yang besar atas isu perdagangan perempuan dan anak membuatnya tak pernah menyerah untuk tetap aktif dalam hal yang sudah menjadi passion-nya. Di usianya yang ke-15, Faye sudah sering diundang menjadi pembicara di forum-forum. Bahkan, tahun lalu dia berhasil meraih nominasi International Children’s Peace Prize 2017 bersama dengan anak berprestasi lainnya dari berbagai belahan dunia.


©Instagram/rumahfaye

Berbagai prestasi dan karya yang dilakukan oleh Faye ini tentu tak lepas dari dukungan keluarga. Selain sang ibu yang mendampinginya dalam membangun Rumah Faye, dia pun mendapatkan motivasi dari sang kakek, Luhut Binsar Pandjaitan yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia.

Ketiga sosok wanita di atas memiliki karya yang menginspirasi ya, nggak hanya untuk wanita lain saja tapi juga bagi bangsa dan negara. Dalam rangka menyambut International Women’s Day 2018, yuk saatnya mengapresiasi diri sendiri sebagai wanita yang juga berani berkarya!