ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Biar Valentinemu terasa makin manis, #PilihYangBeda dengan memberikan cokelat buatan sendiri untuk orang-orang terdekat. Yuk, jajal 3 resep mudah berikut ini.


Chocolate Mousse Cake



©pexels

Kue yang satu ini dijamin bakal bikin penggemar cokelat jatuh cinta. Selain bahan-bahannya mudah didapat dan cara pembuatannya sederhana, tekstur kuenya langsung meleleh di mulut. Mulai dengan menyiapkan bahan pembuat cake seperti 4 butir telur, ¾ cup gula, 2/3 cup tepung terigu, 1/3 cup tepung maizena, dan 1 sendok teh baking powder.  

Pertama, kocok telur dengan mixer hingga kental dan mengembang lalu tambahkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga adonan berwarna putih. Ayak semua bahan kering lalu campurkan ke dalam adonan sebelumnya, aduk rata. Tuang dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang hingga matang lalu keluarkan dari loyang dan dinginkan di atas rak. Bungkus cake dengan alumunium foil atau baking paper sebelum menyiramkan mousse.

Untuk pembuatan mousse, tim 250gram cokelat hingga leleh. Kocok 6 kuning telur dan campurkan dengan cokelat lalu aduk rata. Tambahkan 250 gram mentega sambil dikocok hingga rata. Di wadah terpisah, kocok putih telur hingga kaku baru kemudian masukkan ke dalam adonan cokelat sedikit demi sedikit. Tuangkan ke atas cake. Sebagai topping, lelehkan 100 gram cokelat lalu sisihkan. Kocok 300 mililiter krim lalu tambahkan cokelat leleh. Tuangkan di atas cake, biarkan sebentar baru dipotong dan disajikan.

Chocolate Barks


©pexels

Sibuk dan nggak punya banyak waktu untuk membuat kudapan berbahan cokelat? Chocolate Barks bisa jadi pilihan tepat. Tinggal melelehkan cokelat pilihanmu, baik jenis dark maupun milk, lalu tambahkan isian yang diinginkan, bisa berupa kacang-kacangan, kismis, biskuit, hingga permen cokelat.

Pertama, potong cokelat menjadi bagian yang lebih kecil lalu tim hingga meleleh. Masukkan ke dalamnya kacang-kacangan yang sudah disangrai atau dioven, lalu aduk rata. Tuangkan ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan alumunium foil, usahakan jangan terlalu tebal lalu ratakan. Diamkan hingga mengeras lalu potong atau patahkan menjadi bagian yang lebih kecil.

Chocolate Truffles



©pexels

Sering melihat bola-bola cokelat yang dikemas dalam kotak mewah? Chocolate truffles yang dibanderol dengan harga mahal ternyata bisa dibuat dengan mudah di rumah karena nggak perlu banyak bahan dan prosesnya pun cepat.

Pertama, campurkan dark cooking chocolate dengan susu evaporasi lalu masak di atas api kecil. setelah meleleh, matikan api  dan masukkan margarin. Aduk hingga rata kemudian simpan di freezer hingga teksturnya bisa dibentuk. Ambil adonan sedikit dan bentuk menjadi bola-bola kecil lalu simpan kembali di freezer hingga sedikit mengeras. Celupkan bola-bola cokelat ke dalam lelehan dark cooking chocolate. Taburi dengan cacahan kacang sangrai, meses, hingga remah biskuit di atasnya.

Mudah, praktis, dan tentunya memberi nilai lebih buat hadiah yang diberikan bagi orang tersayang. Siap mencobanya?