ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Loenpia Semarang Gang Lombok No 11


©Diah Didi

Lumpia memang bisa kamu temukan di kota lain. Tapi, belum sah jalan-jalan di Semarang kalau nggak mencicipi kuliner yang satu ini. Salah satu lumpia legendaris yang nggak boleh dilewati adalah Loenpia Semarang Gang Lombok No 11. Termasuk salah satu lumpia tertua di kota tersebut, kuliner yang satu ini selalu dipenuhi wisatawan yang datang, bahkan ketika baru buka di jam 8 pagi.

Lumpia yang satu ini punya tekstur luar yang renyah, tapi tetap lembut di dalam. Isiannya sendiri adalah irisan rebung, telur, dan udang dengan cita rasa manis dominan. Kalau biasanya ada yang nggak suka rebung karena baunya yang kurang sedap, hal tersebut dijamin nggak bakal kamu temukan saat makan lumpia di sini. Hmm, mulai penasaran dengan kelezatannya?

Tahu Baxo Bu Pudji


©Instagram/dia_ndippu

Kuliner lain yang wajib banget dicobain selama di Semarang adalah Tahu Baxo Bu Pudji yang jadi oleh-oleh khas Ungaran. Jajanan yang satu ini popular karena harganya terjangkau dan rasanya yang sudah bisa dipastikan bikin nagih. Ada 2 tipe tahu bakso yang bisa kamu cobain, yaitu tahu goreng dan tahu rebus. Makanan ini bisa tahan disimpan 2-3 hari di dalam freezer, jadi cocok juga dibawa sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkannya juga gampang, kamu bisa menemukan Tahu Baxo Bu Pudji ini di beberapa gerai oleh-oleh khas Semarang.

Roti Ganjel Rel


©instagram/roemahqeeze

Masih ada satu lagi warisan kuliner unik yang ada di Semarang, yaitu roti ganjel rel. Namanya yang unik ini sendiri merujuk pada teksturnya yang padat dan tebal sehingga dapat menjadi ‘pengganjal’ perut saat lapar. Kue yang juga dikenal sebagai roti gambas ini termasuk salah satu warisan kuliner dari zaman lawas yang masih banyak diminati hingga saat ini. Apalagi seiring dengan zaman yang makin modern, ada banyak inovasi roti ganjel rel yang bisa ditemukan di Semarang. Sudah pernah nyobain jajanan yang satu ini?

Kalau kebetulan kamu lagi jalan-jalan ke Semarang, jangan lupa beberapa kuliner khas di atas. Dijamin bikin kangen dan nggak mau pulang liburan!