ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Salah satu dampak pandemi COVID-19 yang paling terasa bagi banyak pekerja kantoran adalah kesempatan untuk bisa work from home (WFH). Meskipun WFH dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi, namun ada juga sisi negatif yang  kerap muncul. Menurut data dari United Nations, 41% dari pekerja remote merasakan stres tingkat tinggi dibandingkan dengan hanya 25% dari pekerja yang bekerja di kantor.[1] Untuk mengatasi stres saat WFH, simak tips-tips di artikel ini.

1. Ciptakan rutinitas

Untuk mengatasi kaburnya batasan antara jam kerja dan keseharian di luar pekerjaan, ciptakan rutinitas seperti halnya pekerja yang harus berangkat ke kantor setiap hari. 

2. Membuat to-do list

Menurut Laura Mae Martin, ahli produktivitas kerja di Google, salah satu hal penting saat WFH adalah daftar hal-hal yang harus diselesaikan dalam satu hari kerja. 

3. Rayakan akhir jam kerja

Terkadang bekerja dari rumah membuat kita lupa waktu. 

Dengan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan aktivitas lainnya, kamu bisa merasa lebih nyaman selama di rumah aja. 


Sumber:

[1] http://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---dgreports/---dcomm/---publ/documents/publication/wcms_544138.pdf

[2] https://www.businessinsider.com/how-to-avoid-stress-work-from-home-google-productivity-expert-2020-4?r=US&IR=T