ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Salah satu dampak pandemi COVID-19 yang paling terasa bagi banyak pekerja kantoran adalah kesempatan untuk bisa work from home (WFH). Meskipun WFH dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi, namun ada juga sisi negatif yang  kerap muncul. Menurut data dari United Nations, 41% dari pekerja remote merasakan stres tingkat tinggi dibandingkan dengan hanya 25% dari pekerja yang bekerja di kantor.[1] Untuk mengatasi stres saat WFH, simak tips-tips di artikel ini.


1. Ciptakan rutinitas

Untuk mengatasi kaburnya batasan antara jam kerja dan keseharian di luar pekerjaan, ciptakan rutinitas seperti halnya pekerja yang harus berangkat ke kantor setiap hari. Siapkan tempat untuk bekerja di rumah yang berbeda dengan tempat untuk beristirahat, sehingga tubuh dan pikiranmu akan terlatih untuk mengasosiasikan area tersebut sebagai area bekerja. Tentukan juga jam kerja dan jam istirahat saat WFH. Setelah jam kerja selesai, tinggalkan area kerja dan usahakan untuk tidak membawa laptop atau hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan ke area istirahat, misalnya kamar tidur.


2. Membuat to-do list

Menurut Laura Mae Martin, ahli produktivitas kerja di Google, salah satu hal penting saat WFH adalah daftar hal-hal yang harus diselesaikan dalam satu hari kerja. Dengan tugas-tugas yang sudah tertulis dan terorganisir, kamu tidak perlu kebingungan harus mulai dari mana saat bekerja tanpa ada pengawasan bos ataupun rekan satu tim. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan waktu kerja yang dirasa paling optimal untuk menyelesaikan tugas-tugas dalam to-do list tersebut.[2]


3. Rayakan akhir jam kerja

Terkadang bekerja dari rumah membuat kita lupa waktu. Tidak terasa, kamu jadi sering bekerja melebihi jam kerja yang biasanya ditentukan di kantor. Karena itu, penting untuk membuat batasan yang menandakan bahwa hari kerja sudah berakhir. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan hobi, menonton TV atau film, dan mengobrol dengan teman atau keluarga. Aktivitas apa pun yang akan membuat otak menyadari bahwa jam kerja sudah selesai akan membuatmu lebih mudah dalam menghindari stres.

 

Dengan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan aktivitas lainnya, kamu bisa merasa lebih nyaman selama di rumah aja. Jangan lupa untuk jaga kesehatan dan memiliki perlindungan FWD SPrInt Link Plus, produk asuransi jiwa sekaligus investasi yang dirancang khusus untuk mempersiapkan dana kesehatan dan dana darurat keluarga. Kamu bisa memilih proporsi alokasi premi sekaligus jenis investasi dengan hasil yang optimal. Ingin tahu lebih lanjut? Kunjungi https://www.fwd.co.id/id/invest/sprint-link-plus/ atau tanyakan langsung dengan agen FWD Life!



Sumber:

[1] http://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---dgreports/---dcomm/---publ/documents/publication/wcms_544138.pdf

[2] https://www.businessinsider.com/how-to-avoid-stress-work-from-home-google-productivity-expert-2020-4?r=US&IR=T