ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Cek Dapur Sekarang!


© pixabay

Dapur menjadi tempat menyimpan berbagai kebutuhan bulanan. Terlebih, jika kulkas dan lemari kebutuhan rumah tangga berada di sana. Periksa satu-satu, apa saja barang yang masih tersedia. Jika persediaan masih ada, tak perlu buru-buru membeli lagi lantaran ada iming-iming diskon besar yang begitu menggoda. Dengan tidak menambah barang baru, secara tak langsung kamu bisa menghemat belanja bulan ini, sekaligus mengurangi pengeluaran sampah rumah tangga.

Hindari Penggunaan Kantong Plastik


© pixabay

Perlu diketahui, jika kantong kresek sulit terurai di alam, sehingga menimbulkan permasalah sampah yang kompleks. Supaya kamu turut berkontribusi, terlebih dalam merayakan Hari Bumi, ada baiknya ke mana-mana membawa tote bag kain atau tas serbaguna untuk belanja bulanan. Dengan begitu, plastik yang dihasilkan sebagai sampai perlahan bisa berkurang.

Utamakan Produk Daur Ulang


© pixabay

Selain produk yang ramah lingkungan, memilih produk daur ulang merupakan cara utama untuk menghemat belanja bulanan sekaligus mengurangi tumpukan sampah. Ini karena produk daur ulang umumnya cenderung lebih murah.  Sebut saja beragam perabot rumah tangga. Selain itu, di supermarket selalu tersedia produk-produk yang kemasannya bisa didaur ulang. Kamu bisa memprioritaskannya untuk dimasukan dalam list belanja bulanan. Sebab, bekas produk tersebut nantinya bisa didaur ulang kembali, sehingga bisa mengurangi tumpukan sampah.

Bijaklah Mengelola Sampah


© pixabay

Sekalipun pengelolaan sampah di Indonesia belum terintegrasi secara modern sebagaimana di negara maju, tetapi kamu bisa menjadi pionir dalam hal pengelolaan sampah terpadu di lingkunganmu. Misalnya, dari sampah organik bisa kamu kembangkan menjadi kompos. Nantinya, kamu menjadi kompos tersebut sebagai pupuk organik untuk kebun pribadi di pekarangan rumah.

Hal itu bukan saja dapat menjaga kelestarian bumi, melainkan juga meningkatkan nilai ekonomi. Bahkan, dari berjualan kompos dan memiliki kebun sendiri, kamu bisa memangkas pengeluaran bulanan. Sementara untuk sampah anorganik, kamu bisa menyetorkannya ke tempat daur ulang sampah terdekat. Memang nilai ekonominya tak besar, tetapi dengan cara sederhana tersebut dampaknya sangat besar bagi kelestarian bumi.

Itulah beberapa detoks belanja bulanan yang juga memiliki nilai positif bagi kelestarian lingkungan. Tinggal sekarang, giliranmu untuk melakukan perubahan.