ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Berapa Kali Olahraga yang Direkomendasikan Dalam Seminggu?

 


©pexels

 

Dalam seminggu, idealnya olahraga dilakukan minimal 150 menit. Hal ini dianjurkan bagi orang dewasa menurut WHO dalam Global Recommendation on Physical Activity for Health. Jika 150 menit dalam seminggu terasa berat, kamu bisa membaginya dengan melakukan olahraga 5 kali dalam seminggu. Jika ingin melakukan olahraga 3-4 kali saja, bisa disiasati dengan durasi yang lebih lama.

 

 

Durasi Berolahraga Dalam Sehari

 

©pexels

 

Anggapan bahwa makin lama olahraga maka akan semakin baik tidak sepenuhnya benar. Fisik juga bisa kelelahan yang berakibat pada cedera tubuh. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas keesokan hari. Dalam sehari, durasi ideal untuk berolahraga adalah 30 menit. Jika dilakukan 5 kali seminggu, maka sudah memenuhi waktu yang dianjurkan selama 150 menit.

 

 

Jenis Olahraga yang Direkomendasikan WHO


©pexels

 

Kamu bisa melakukan olahraga apa saja yang disukai. Namun, WHO menyarankan untuk menyelipkan olahraga aerobic di setiap jadwal olahraga paling tidak 10 menit. Olahraga aerobik bisa dilakukan dengan berenang, berlari, senam aerobik, hingga latihan kardio menggunakan treadmill. Jenis olahraga ini membantu meningkatkan fungsi jantung dan melancarkan aliran darah. Aerobik juga bisa dilakukan di mana saja.

 

 

Persiapan Sebelum Olahraga


 

©pexels

 

Sebelum olahraga, pastikan jika tubuh dalam kondisi yang fit dan prima. Jangan lupa untuk konsumsi air putih dan makanan ringan yang cukup untuk memberikan energi saat olahraga. Saat melakukan olahraga outdoor, gunakan sepatu yang sesuai dan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pemanasan juga merupakan hal yang penting untuk menghindari krim dan cidera dalam olahraga.

 

Jika kamu sudah berencana untuk melakukan olahraga secara rutin. Nggak ada salahnya untuk tahu seberapa lama durasi olahraga yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, manfaat kesehatan yang didapatkan juga bisa maksimal.