ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ais Kacang – Malaysia


 

©seriouseats

 

Ais kacang yang berasal dari Malaysia ini sepintas mirip banget dengan yang ada di Indonesia, tapi citarasanya beda, lho. Es serut yang satu ini bahan utamanya menggunakan kacang tanah yang disiram susu kental dan sirup aneka rasa. Pilihan topping-nya juga bervariasi, mulai dari biji selasih, jagung, hingga es krim.


Hawaiian Shave Ice

 

©ourbestbites

Hawaiian Shave Ice adalah es serut yang berasal dari Hawai. Agak berbeda dengan es serut dari Indonesia, es yang satu ini terbuat dari serutan es yang diberi sirup warna-warni aneka rasa. Mulai dari rasa stroberi, melon, jeruk, mangga dan masih banyak yang lainnya. Tampilannya yang colorful seperti pelangi memang menggoda banget!

 

Grattachecca

 

© visitlazio

Italia nggak hanya terkenal dengan sajian pasta-nya saja. Soal es serut, Italia punya Grattachecca, minuman yang banyak ditemui di pinggiran kios jalanan di sana. Es serut ini terbuat dari es serut tawar yang disiram dengan aneka buah-buahan dan sirup berbagai rasa.

 

 

Es Campur

 

(c)jakartarandomeats

 

Es Campur adalah es serut khas Indonesia yang disajikan pada mangkok. Minuman ini sering kali menjadi penutup setelah makan bakso, mie ayam hingga masakan jawa. Es campur biasanya berisi dawet, cincau hitam, tape, roti tawar, kolang-kaling, mutiara dan buah alpukat yang disiram santan, susu dan es serut. Cocok menemani hari yang sedang terik.

 

Dari berbagai es serut yang ada, mana nih yang paling disuka?