ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Daripada kamu tidak produktif berlama-lama, ada baiknya mengisi akhir pekan di tahun baru dengan mengagendakan liburan ringan, tanpa harus cuti panjang. Hitung-hitung, membuat move on jadi lebih natural, sembari beradaptasi kembali dengan kesibukan. Kamu bisa #PilihYangBeda dengan ikutan walking tour di beberapa kota berikut ini.

Bersukaria Tour (Semarang)



Selain kuliner, Semarang juga akrab dengan wisata bersejarahnya. Apalagi bangunan tua di Semarang masih banyak yang utuh, bahkan tak sedikit yang masih difungsikan sebagai kantor hingga kafe. Makanya, bakal sayang banget kalau ke Semarang tetapi tidak menjelajahi sudut kotanya yang vintage secara merata. Biar lebih maksimal, kamu bisa ikutan Bersukaria Tour.

Dengan guide berbahasa Indonesia, Inggris bahkan Jawa, tim Bersukaria Tour akan menunjukkan setiap lokasi lengkap penjelasan sejarahnya, sembari menyusuri trotoar di Semarang yang ramah pejalan kaki. Tentunya, landmark Semarang seperti Kota Lama, Lawang Sewu, hingga Kelenteng Thian Cing, tak hanya bisa kamu nikmati keindahannya, melainkan juga cerita bersejarah di baliknya.

Jakarta Good Guide (Jakarta)


Tak hanya di Semarang, bagi yang tinggal di Jakarta juga bisa ikutan walking tour untuk mengeksplorasi ibukota dengan cara tak biasa. Lewat Jakarta Good Guide, kamu akan diajak berkeliling ke tempat-tempat bersejarah di sana. Bahkan, para guide bersertifikasi akan memberimu wawasan baru, jika Jakarta tak sekadar memiliki mal belaka. Dengan cara berjalan kaki, para pemandu akan mengenalkanmu pada sejarah di balik hadirnya Menteng, China Town, Kota Tua hingga Pasar Baru.

Jogja Good Guide (Yogyakarta)


Lain di Jakarta, lain pula dengan Yogyakarta. Di Kota Gudeg kamu juga bisa  menikmati walking tour yang tak hanya menyusuri destinasi jamak nan populer, seperti Malioboro saja. Jogja yang menawarkan sisi lawas dan modern dalam satu lanskap, makin eksotis saat dinikmati dengan walking tour bareng Jogja Good Guide. Pemandu berpangalaman juga paham seluk beluk sejarah Jogja, siap menemanimu menjelajahi Kotagede, Kauman, Malioboro, hingga Kotabaru. Tinggal pilih rute mana yang ingin kamu kunjungi, Jogja Good Guide pun siap menjamu hingga puas.

A Day To Walk (Malang)


Tak kalah dengan Semarang, Jakarta maupun Yogyakarta, Malang juga punya program walking tour keren, yaitu A Day To Walk. Komunitas yang diprakarsai anak muda asli Malang ini pun bakal mengajakmu berkeliling kawasan bersejarah Kota Malang yang masih belum banyak diketahui.

Menariknya, A Day To Walk tak hanya mengajakmu menyusuri kawasan bersejarah yang jamak diketahui, seperti Kayutangan maupun Jalan Besar Ijen. Lebih dari itu, kamu bakal diajak ke tempat bersejarah yang tak sembarang orang bisa mengaksesnya. Misalnya, Rooftop Toko Riang di Kayutangan, hingga Ex-Fotax yang kini jadi Rumah Namsin.

Selain asyik dan juga menyehatkan, kegiatan walking tour tersebut juga hampir keseluruhan gratis. Kamu hanya perlu berdonasi semampunya, guna mendukung program yang notabene digerakkan oleh komunitas non-profit tersebut.